21st CENTURY EDUCATION 21st CENTURY EDUCATION

Mardiani Bebasari ( )

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini dilatarbelakangi adanya perubahan yang terjadi pada dunia pendidikan di abad 21. Abad pertengahan yang ada pada abad 21 berkembangnya informasi dan teknologi dengan sangat cepat. Penelitian yang dilakukan dalam jurnal ini dengan menggunakan studi kepustakaan untuk melihat melalui tulisan dari buku mengenai pendidikan pada abad 21. Hasil penelitian dapat dilihat bahwa terdapat perubahan kondisi yang terjadi pada dunia pendidikan di abad 21. Kondisi yang terjadi pada abad 21 akan lebih ramai karena membutuhkan tantangan keterampilan yang baik dalam dunia pendidikan, kapasitas dalam berpikir, kreatif dan analisis dalam memecahkan persoalan. Pendidikan pada abad 21 bertujuan untuk mewujudkan cita-cita luhur bangsa dengan menjadi masyarakat yang bahagia dan sejahtera, mempunyai kedudukan yang terhormat sama dengan negara lain dan mempunyai kualitas pada sumber daya manusia. Dapat disimpulkan dengan adanya pendidikan pada abad 21 maka ciri yang dapat dilihat yaitu manusia dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam segala bidang kehidupan, baik dalam bidang pendidikan, pada kemampuan pembelajaran lebih ditekankan pada peserta didik untuk dapat mencari tahu dari berbagai sumber dan dapat merumuskan segala persoalan dan dapat berpikir analitis.

Kata kunci: Pendidikan Abad 21

Tujuan dari penelitian ini dilatarbelakangi adanya perubahan yang terjadi pada dunia pendidikan di abad 21. Abad pertengahan yang ada pada abad 21 berkembangnya informasi dan teknologi dengan sangat cepat. Penelitian yang dilakukan dalam jurnal ini dengan menggunakan studi kepustakaan untuk melihat melalui tulisan dari buku mengenai pendidikan pada abad 21. Hasil penelitian dapat dilihat bahwa terdapat perubahan kondisi yang terjadi pada dunia pendidikan di abad 21. Kondisi yang terjadi pada abad 21 akan lebih ramai karena membutuhkan tantangan keterampilan yang baik dalam dunia pendidikan, kapasitas dalam berpikir, kreatif dan analisis dalam memecahkan persoalan. Pendidikan pada abad 21 bertujuan untuk mewujudkan cita-cita luhur bangsa dengan menjadi masyarakat yang bahagia dan sejahtera, mempunyai kedudukan yang terhormat sama dengan negara lain dan mempunyai kualitas pada sumber daya manusia. Dapat disimpulkan dengan adanya pendidikan pada abad 21 maka ciri yang dapat dilihat yaitu manusia dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam segala bidang kehidupan, baik dalam bidang pendidikan, pada kemampuan pembelajaran lebih ditekankan pada peserta didik untuk dapat mencari tahu dari berbagai sumber dan dapat merumuskan segala persoalan dan dapat berpikir analitis.

Kata kunci: Pendidikan Abad 21

Referensi

REFFERENCES
Badan standar nasional. 2010. Pendidikan paradigma nasional di abad 21. Jakarta: BSNP
Goleman, Daniel. 1999. Kecerdasan emosi untuk mencapai puncak prestasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Mirzaqon. T, A dan Budi Purwoko. 2017. Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling expressive writing . Jurnal BK Unesa, 8(1).
Muljono. 2010. Kajian relevansi kurikulum dengan pengembangan teknologi masa depan di Indonesia. Repository.ipb.ac.id/bitstream/…/KPMpjm-artik3-kajian20relevansi.pdf.diakses 18 juni 2022
Mukhadis. Amat. 2013. Sosok manusia Indonesia unggul dan berkarakter dalam bidang teknologi sebagai tuntunan hidup di era globalisasi. (http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1434). Diakses tanggal 11 mei 2022
Mangkunegara. AP. 2011. Perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia. Bandung: Rifeka aditama
Opfer V and Saavendra A. 2012.. teaching and learning 21st century skills: lessons from the learning sciences. A global cities education network report. New york. Asia society.
Ririn Sjafriani. 2011. Pendidikan global: menggunakan teknologi dan memperkenalkan dunia global kepada para siswa. Jakarta: Indeks
Trilling, Bernie and Hood, Paul. 1999. Learning technology and education reform in the knowledge age. (https://www.wested. Org/online_pubs/learning_technology.pdf), diakses tanggal 11 juni 2022
Widayat. W. 2018. Implementasi pengembangan kecakapan abad 21 melalui fitur kelas maya portal rumah belajar. Diakses dari http://pena.belajar.kemendikbud.go.id/2018/09/implementasi-pengembangan-kecakapan-abad21-melalui-fitur-kelas-maya-portal-rumah-belajar/ tanggal 23 mei 2022 pukul 09.30










REFFERENCES
Badan standar nasional. 2010. Pendidikan paradigma nasional di abad 21. Jakarta: BSNP
Goleman, Daniel. 1999. Kecerdasan emosi untuk mencapai puncak prestasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Mirzaqon. T, A dan Budi Purwoko. 2017. Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling expressive writing . Jurnal BK Unesa, 8(1).
Muljono. 2010. Kajian relevansi kurikulum dengan pengembangan teknologi masa depan di Indonesia. Repository.ipb.ac.id/bitstream/…/KPMpjm-artik3-kajian20relevansi.pdf.diakses 18 juni 2022
Mukhadis. Amat. 2013. Sosok manusia Indonesia unggul dan berkarakter dalam bidang teknologi sebagai tuntunan hidup di era globalisasi. (http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1434). Diakses tanggal 11 mei 2022
Mangkunegara. AP. 2011. Perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia. Bandung: Rifeka aditama
Opfer V and Saavendra A. 2012.. teaching and learning 21st century skills: lessons from the learning sciences. A global cities education network report. New york. Asia society.
Ririn Sjafriani. 2011. Pendidikan global: menggunakan teknologi dan memperkenalkan dunia global kepada para siswa. Jakarta: Indeks
Trilling, Bernie and Hood, Paul. 1999. Learning technology and education reform in the knowledge age. (https://www.wested. Org/online_pubs/learning_technology.pdf), diakses tanggal 11 juni 2022
Widayat. W. 2018. Implementasi pengembangan kecakapan abad 21 melalui fitur kelas maya portal rumah belajar. Diakses dari http://pena.belajar.kemendikbud.go.id/2018/09/implementasi-pengembangan-kecakapan-abad21-melalui-fitur-kelas-maya-portal-rumah-belajar/ tanggal 23 mei 2022 pukul 09.30

Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-10-26
Cara Mengutip  :  
Bebasari, M. (2022). 21st CENTURY EDUCATION 21st CENTURY EDUCATION. Journal Of Language Education and Development (JLed), 4(1), 44–52. https://doi.org/10.52060/jled.v4i1.784
Terbitan  :