STUDENTS' MOTIVATION BECOMING ENGLISH TEACHER STUDENTS AT STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan factor mahasiswa menjadi mahasiswa jurusan Bahasa Inggris di STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Metodologi penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode analisis yang digunakan adalah pengumpulan data berupa studi teori, wawancara, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Inggris di STKIP Muhammadiyah Muara Bungo sebanyak 79 mahasiswa, sedangkan untuk sampel penelitian ini adalah 20 responden dari seluruh mahasiswa STKIP Muhammadiyah Muara Bungo semester 2, 4, dan 6. data, penelitian ini menggunakan pedoman wawancara sebagai instrumen yang berisi 34 pertanyaan. Hasil penelitian ini diperoleh, motivasi mahasiswa untuk menjadi mahasiswa pendidikan bahasa Inggris di STKIP Muhammadiyah Muara Bungo adalah, terdapat indicator atau unsure pendukung yang membawa peranan besar dalam keberhasilan individu dalam belajar khususnya dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dengan belajar bahasa Inggris, responden memiliki perasaan kebutuhan akan kepuasan, kebutuhan harga diri, dan aktualisasi diri. Faktor motivasi mahasiswa menjadi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris di STKIP Muhammadiyah Muara Bungo diatas adalah factor dorongan intrinsik dan factor ekstrinsik dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Dari penjelasan di atas juga peneliti menyimpulkan bahwa siswa yang belajar bahasa Inggris lebih banyak dikendalikan oleh factor intrinsic dari pada ekstrinsik.
Referensi
Creswell, J. W. (2009). Research Design Qualitative, Quantitative, Mixed Method Approaches. (Third Edition, 2009). Thousand Oaks, California: SAGE Publications, Inc.
Fachraini, S. (2017). An Analysis of Students’ Motivation in Studying English (A Survey Study at UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Getsempena English Education Journal, 4(1).
Hasibuan, M. (2014). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: BumiAksara.
Hayikaleng, N., Nair, S.M., &Krishnasamy, H.N. (2016). Thai Students’ L2 Reading Comprehension Level for Lower Order Thinking Skills and Higher Order Thinking Skill Question. Journal of Applied Linguistics and Language Research, 3(5), 83-91.
Maslow, A. H. (1943). A Theory of Human Motivation, Psychological Review. 50 (4), 370-396.
Nasution, H. F. (2016). Instrumen penelitian dan Urgensinya Dalam Penelitian Kuantitatif. Al-Masharif: JurnalIlmuEkonomi dan Keislaman, 4(1), 59-75.
Nurjan, Syarifan (2016). Psikologi Belajar (Cetakan kedua, Februari 2016). Ponorogo, Indonesia: CV Wade Group.
Purnama, N. A., Rahayu, N. S., & Yugafiati, R. (2019). Students’ Motivation in Learning English. PROJECT (Professional Journal of English Education), 2(4), 539-544.
Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.
Siregar, F. R., & Siregar, R. (2020). Students’ Motivation in Learning English. English Education: English Journal for Teaching and Learning, 8(2), 177-188.
Sukardi. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya (Cetakan ke enam belas, Mei 2017). Jakarta, Indonesia: PT Bumi Aksara.
Thoifuri. (2013). Menjadi Guru Inisiator. Semarang. Media Campus Publishing.
Yusuf, S. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah.
Keywords | : | |
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2022-01-19
|
Cara Mengutip | : |
Trisnawati, W., Oktavia, D., & Anggelia, R. Y. (2022). STUDENTS’ MOTIVATION BECOMING ENGLISH TEACHER STUDENTS AT STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO. Journal Of Language Education and Development (JLed), 3(2), 15–23. https://doi.org/10.52060/jled.v3i2.701
|
Terbitan | : |