IMPROVING THE STUDENTS’ SPEAKING ABILITY USING ROLEPLAY AT 11th GRADE OF SMAN 12 MUARA BUNGO

Rozanita Harahap ( SMA N 12 Muara Bungo )

Abstrak

Peneltian Tindakan Kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris (Speaking) dengan menggunakan roleplay. Penelitian ini dilakukan di SMAN 12  Muara Bungo dengan melibatkan siswa kelas 11 sebagai objek penelitian. Penelitian ini menemukan bahwa teknik roleplay berhasil meningkatkan kemampuan speaking siswa. Ditemukan bahwa 75% siswa mencapai taget dengan memperoleh nilai melebihi KKM, dimana nilai KKM adalah 76. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu nilai siswa meningkat disetiap siklus yang dilaksanakan. Pada awal pre test,  hanya 35,71% siswa yang memperoleh nilai di atas KKM. Kemudian, pada siklus pertama meningkat menjadi 57,14% siswa atau 16 orang siswa memperoleh nilai di atas KKM. Pada siklus kedua, ditemukan peningkatan jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas KKM, yaitu 24 orang siswa atau 85,71% dari jumlah siswa memperoleh nilai di atas KKM. Tidak hanya itu, berdasarkan dari observasi yang dilakukan, dapat dilihat bahwa motivasi siswa dalam belajar meningkat, dengan nilai observasi yang dapat dikategorikan “Baik”, yaitu 75.00% dan 80.00%.

Referensi

Annisa, S. (2015).Teaching Speaking in English Using Contextual.English Education Journal (EEJ), 497–510.
Arikunto,Suharsimi ( 2011 ). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.
Glover, P. (2011). Using CEFR level descriptors to raise university students' awareness of speaking skills. Language Awareness, 20(2), 121-133,DOI: 10.1080/09658416.2011.555556.
Oktavia, D. (2020). Does the age matter in acquiring second language?. Journal Of Language Education and Development (JLed). 26;2(2):252-60.
Ridwan. (2007). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. ( 2014 ). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Sutapa, Y. G., & Salam, U. (2013). Improving students’ speaking ability in class through the role play technique.1–12.

Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-01-19
Cara Mengutip  :  
Harahap, R. (2022). IMPROVING THE STUDENTS’ SPEAKING ABILITY USING ROLEPLAY AT 11th GRADE OF SMAN 12 MUARA BUNGO. Journal Of Language Education and Development (JLed), 3(2), 24–36. https://doi.org/10.52060/jled.v3i2.700
Terbitan  :