ENGLISH CAMP ACTIVITIES TO INCREASE COMMUNICATIVE SPEAKING ABILITY TO STUDENTS OF STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO

ARINI KUMALA SARI ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Tujuan artikel ini adalah untuk menyajikan hasil penelitian yang menjelaskan pengaruh aktivitas-aktivitas dalam kamp bahasa Inggris dalam meningkatkan kemampuan berbicara secara komunikatif kepada siswa tahun pertama di STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Penelitian ini merupakan studi penelitian tindakan berdasarkan model Kurt.L yang menggunakan prosedur perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang dalam setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Instrumennya berupa kuesioner dan tes. Temuan menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest mencapai 60,42 hingga 69,02 dan skor post test mencapai hingga 78,7. Penting untuk menggambarkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dari 13,9% menjadi 41,7% pada post test 1 dan 83,33% dalam post test 2. Oleh karena itu, kriteria keberhasilan telah ditentukan. Sangat penting untuk dicatat bahwa menggunakan kegiatan kamp Inggris telah memberikan dampak positif pada proses belajar mengajar. Jelas, ini memberikan peningkatan positif pada partisipasi aktif siswa, kepercayaan diri, dan kelancaran mereka dalam keterampilan berbicara. Singkatnya, dapat dijelaskan bahwa strategi menciptakan keadaan yang baik, menyenangkan dan mengurangi kebosanan dan stres dari proses belajar

Referensi

Chang, C. P., & Shu, M. Z. (2000). The experiment research for English teaching with small class of junior high school. The Ministry of Education, The 2000 Academic Year Research Projectof Taiwan High School Technician Conference.

Cook, G. 2000. Language Play, Language Learning. Oxford: Oxford University Press.

Dewi, Ratna Sari, Ummi Kulsum & Ari Armadi. (2016). Using Communicative Games in Improving Students’ Speaking Skills. English Language Teaching Journal Vol. 10 No.1

Garg, S., & Gautam, A. (2015). Learning English can change your life for the better. International Journal of English Language, Literature and Humanities, III (II).

Klippel, F. 2008. Communicative fluency activities for language teaching. Cambridge: Cambridge University Press. Harmer, J. 2007. The Practice of English Language Teaching, Fourth Edition. Harlow: Pearson Longman. Huyen, T. & Nga, T. 2003. Learning Vocabulary Through Games. ASIAN EFL Journal. December 2003.

Ismail, Nur Salina and Izah Mohd Tahir. 2011. English Camp Activities: A Strategy to Enhance Students’ English Proficiency. Journal of Studies in Literature and Language Vol 2. No.3. 2011 pp. 61-72 Retrieved on Feb 15th, 2018 from www. Canada,net

Kanuengnut, 2015. How to Put on a Succesfull English. Retrieved on Feb 15th, 2018 from

Naka, Sarunporn. 2011. Using English Camp Activities to Enhance Communicative English Speaking Ability of Mattayomsuksa 3 Students of Princess Chulabhorn’s College Chonburi. Master’s Project, M.A (Teaching English as a Foreign Language). Bangkok: Graduate School, Srinakharinwirot University.

Nurisnaini, A. 2000. Using Games and Songs to Improve Students’ Participation and Classroom Situation for Fourth Grade Students at SDN Arjosari III Malang. Unpublished Undergraduate Thesis. Universitas Negeri Malang.

Richards, Jack C. 2008. Teaching Listening and Speaking: From Theory to Practice: Cambridge: Cambridge University Press.Richards, J. C. & Renandya, W. A. 2002. Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practices. New York: Cambridge University Press.Ur, P.1996. A Course in Language Teaching: Practice and Theory. Cambridge: Cambridge University Press.


Keywords  :  
Kata Kunci: English Camp Activities, Communicative, Speaking Ability Kegiatan-kegiatan Kamp Bahasa Inggris, Komunikatif, Kemampuan berbicara
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2018-11-23
Cara Mengutip  :  
SARI, A. K. (2018). ENGLISH CAMP ACTIVITIES TO INCREASE COMMUNICATIVE SPEAKING ABILITY TO STUDENTS OF STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO. Journal Of Language Education and Development (JLed), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.52060/jled.v1i1.59
Terbitan  :