MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS IXC SMPN 3 MUARA BUNGO

Harneli Harneli ( SMPN 3 Muara Bungo )

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan: (a) Apakah pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Inggris (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Bahasa Inggris dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together.

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together terhadap hasil belajar bahasa inggris. (b) Inggin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran bahasa inggris setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IXC SMPN 3 Muara Bungo. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,71%), siklus II (75,00%), siklus III (89,29%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Numbered Head Together dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kls IXC SMPN 3 Muara Bungo serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Bahasa Inggris.

Referensi

Abdul, M. (2000). Classroom action research. Scientific Paper Writing Committee for Teachers in Tuban Regency.

Arikunto, S. (2006.) Research Procedure A Practical Approach. Jakarta: Rineka Cipta.

Johnson, David & Roger. (1993). Strategies for Johnson Model cooperative. Jakarta: Erlangga.

Noputri, N., Kurniawan, R., Oktavia, D., & Fussalam, Y. E. (2021). THE CONTENT ANALYSIS OF TEXTBOOK “PATHWAY TO ENGLISH” FOR 11th GRADE BASED ON SYLLABUS IN 2013 CURRICULUM. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1), 104-110.

Oktavia, D. (2020). Does the age matter in acquiring second language?. Journal Of Language Education and Development (JLed), 2(2), 252-260.

Sugiarti. (1997). Motivation to study Jakarta: Smart


Keywords  :  
Kata Kunci: Learning English, cooperative model Numbered Head Together Pembelajaran Bahasa Inggris, kooperatif model Numbered Head Together
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2021-07-31
Cara Mengutip  :  
Harneli, H. (2021). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS IXC SMPN 3 MUARA BUNGO. Journal Of Language Education and Development (JLed), 3(1), 348–357. https://doi.org/10.52060/jled.v3i1.536
Terbitan  :