Motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris menggunakan ice breaking: studi kasus siswa SDN 025/II Muara Bungo
Students Motivation in learning english using ice breaking: A case study of students At SDN 025/II Muara Bungo
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana
Motivasi menjadi faktor penting yang mempengaruhi kesuksesan siswa dalam
belajar, terutama dalam pembelajaran bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar.
Berdasarkan pengamatan awal dan wawancara, siswa di SDN 025/II Muara
Bungo menunjukkan respons positif terhadap penggunaan ice breaking dalam
proses pembelajaran. Mereka tampak lebih antusias, fokus, dan aktif terlibat
dalam kegiatan kelas. Temuan awal ini mendorong peneliti untuk menyelidiki
jenis motivasi apa yang dimiliki siswa dan strategi apa yang mereka gunakan
untuk mempertahankan motivasi mereka.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi
kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan lima
siswa sebagai peserta. Peneliti menggunakan pertanyaan terbuka untuk
mengeksplorasi pengalaman belajar siswa secara mendalam. Data dianalisis
menggunakan model Miles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dipengaruhi
oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi minat terhadap
bahasa Inggris dan keinginan untuk mencapai tujuan, sementara faktor
eksternal meliputi dorongan dari guru, suasana belajar yang menyenangkan,
dan penerapan ice breaking. Ice breaking membantu mengurangi ketegangan,
menciptakan lingkungan kelas yang rileks, dan meningkatkan keterlibatan
siswa. Untuk tetap termotivasi, siswa secara aktif berpartisipasi dalam
aktivitas interaktif, fokus pada penjelasan guru, dan merespons positif
terhadap pujian.
Kata Kunci: Motivasi Ice breaking. Strategi
Referensi
Afriazi, R. (2016). Pembelajaran
Bahasa Inggris di Perguruan
Tinggi Menghadapi
Tantangan Abad XXI. Jurnal
Ilmu Pendidikan Universitas
Negeri Malang, 7(1),114103.
Amelia, S., Sitanggang,. The
Relationship Between the
Use of Ice Breaking and
Class Management in
Thematic Learning.
Paedagogi: Jurnal Kajian
Ilmu Pendidikan (E-Journal),
Arimbawa, I. K., (2017). Pengaruh
Penggunaan Ice Breaker
Terhadap Motivasi Belajar
Siswa Sekolah Dasar.
MIMBAR PGSD Undiksha,
(2).
Astuti, A,R. “The Influence Of Ice
Breaker To Students'
Motivation In Teaching
English”. (Vol..3, No.2,
.
Brown, D, H. (2007), Principle of
Language Learning &
Teaching (5th Edition)
Creswell,J,W. (2009). Research
Design: Qualitative,
Quantitative, and Mixed
Methods Approaches (3rd)
Los Angeles:Sage
Chani, S. R., (2024). Exploring the
efficacy of creative ice
breaking techniques in
classroom learning. Jurnal
Prima Edukasia, 12(2), 228-
Dauyah, E.,(2018). Journal Serambi
Ilmu, Volume 19, Nomor 2,
Edisi September 2018.
(September)
| Keywords | : | |
| Galleys | : | |
| Diterbitkan | : |
2025-11-30
|
| Cara Mengutip | : |
Sar'i Family, M. L. P., & Lestari, R. (2025). Motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris menggunakan ice breaking: studi kasus siswa SDN 025/II Muara Bungo: Students Motivation in learning english using ice breaking: A case study of students At SDN 025/II Muara Bungo . Journal Of Language Education and Development (JLed), 8(1), 41–60. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pbi/article/view/3584
|
| Terbitan | : |







1.png)
