Motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris menggunakan ice breaking: studi kasus siswa SDN 025/II Muara Bungo

Students Motivation in learning english using ice breaking: A case study of students At SDN 025/II Muara Bungo

Manisa Laksana Putri Sar'i Family ( a:1:{s:5:"en_US";s:12:"Teluk Pandak";} )
Renda Lestari ( UNIVERISITAS MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO )

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana

Motivasi menjadi faktor penting yang mempengaruhi kesuksesan siswa dalam

belajar, terutama dalam pembelajaran bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar.

Berdasarkan pengamatan awal dan wawancara, siswa di SDN 025/II Muara

Bungo menunjukkan respons positif terhadap penggunaan ice breaking dalam

proses pembelajaran. Mereka tampak lebih antusias, fokus, dan aktif terlibat

dalam kegiatan kelas. Temuan awal ini mendorong peneliti untuk menyelidiki

jenis motivasi apa yang dimiliki siswa dan strategi apa yang mereka gunakan

untuk mempertahankan motivasi mereka.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi

kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan lima

siswa sebagai peserta. Peneliti menggunakan pertanyaan terbuka untuk

mengeksplorasi pengalaman belajar siswa secara mendalam. Data dianalisis

menggunakan model Miles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data,

penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dipengaruhi

oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi minat terhadap

bahasa Inggris dan keinginan untuk mencapai tujuan, sementara faktor

eksternal meliputi dorongan dari guru, suasana belajar yang menyenangkan,

dan penerapan ice breaking. Ice breaking membantu mengurangi ketegangan,

menciptakan lingkungan kelas yang rileks, dan meningkatkan keterlibatan

siswa. Untuk tetap termotivasi, siswa secara aktif berpartisipasi dalam

aktivitas interaktif, fokus pada penjelasan guru, dan merespons positif

terhadap pujian.

Kata Kunci: Motivasi Ice breaking. Strategi

Referensi

Afriazi, R. (2016). Pembelajaran

Bahasa Inggris di Perguruan

Tinggi Menghadapi

Tantangan Abad XXI. Jurnal

Ilmu Pendidikan Universitas

Negeri Malang, 7(1),114103.

Amelia, S., Sitanggang,. The

Relationship Between the

Use of Ice Breaking and

Class Management in

Thematic Learning.

Paedagogi: Jurnal Kajian

Ilmu Pendidikan (E-Journal),

Arimbawa, I. K., (2017). Pengaruh

Penggunaan Ice Breaker

Terhadap Motivasi Belajar

Siswa Sekolah Dasar.

MIMBAR PGSD Undiksha,

(2).

Astuti, A,R. “The Influence Of Ice

Breaker To Students'

Motivation In Teaching

English”. (Vol..3, No.2,

.

Brown, D, H. (2007), Principle of

Language Learning &

Teaching (5th Edition)

Creswell,J,W. (2009). Research

Design: Qualitative,

Quantitative, and Mixed

Methods Approaches (3rd)

Los Angeles:Sage

Chani, S. R., (2024). Exploring the

efficacy of creative ice

breaking techniques in

classroom learning. Jurnal

Prima Edukasia, 12(2), 228-

Dauyah, E.,(2018). Journal Serambi

Ilmu, Volume 19, Nomor 2,

Edisi September 2018.

(September)


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-11-30
Cara Mengutip  :  
Sar'i Family, M. L. P., & Lestari, R. (2025). Motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris menggunakan ice breaking: studi kasus siswa SDN 025/II Muara Bungo: Students Motivation in learning english using ice breaking: A case study of students At SDN 025/II Muara Bungo . Journal Of Language Education and Development (JLed), 8(1), 41–60. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pbi/article/view/3584
Terbitan  :