THE INVESTIGATING STUDENTS’ STRESS MODEL OF THE COGNITIVE LOAD IN UNDERGRADUATE ENGLISH THESIS WRITING

Menyelidiki Model Stres Mahasiswa terhadap Beban Kognitif dalam Penulisan Skripsi Bahasa Inggris Tingkat Sarjana

Dera Febriyanti Sunaryo Sunaryo ( a:1:{s:5:"en_US";s:7:"Author ";} )
Winda Trisnawati ( UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO )
Ridho Kurniawan ( UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO )

Abstrak

Penelitian ini yang berjudul Investigasi Model Stres Mahasiswa terhadap Beban Kognitif dalam Penulisan Skripsi Bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana pengalaman mahasiswa tingkat akhir yang menulis tesis bahasa Inggris sambil bekerja paruh waktu mengalami stres dalam kaitannya dengan beban kognitif intrinsik, ekstrinsik, dan germane, dengan menggunakan tiga pendekatan model stres: model stres stimulus, respons, dan transaksional.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah empat mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Muara Bungo yang bekerja paruh waktu. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dan dianalisis secara tematik menggunakan Maxqda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami stres yang berkaitan dengan tiga jenis beban kognitif:  beban intrinsik, seperti kesulitan memahami teori, kosa kata terbatas, struktur kalimat, dan penerjemahan; beban ekstrinsik, seperti revisi dosen yang membingungkan, tekanan keluarga, beban kerja, dan keterbatasan sumber daya; serta beban germane, yang meskipun menimbulkan tekanan, justru mendorong motivasi, pengembangan strategi coping, dan pemahaman akademik lebih dalam. Ketiga beban ini dialami melalui model stres stimulus (tekanan dari luar), response (reaksi emosional dan fisik), dan transactional (penilaian individu serta strategi adaptif) yang berbeda-beda pada setiap mahasiswa.

Referensi

Ahmad, M., Hidayat, A., & Sari, D. (2021). Academic writing anxiety among EFL students in online learning. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 6(3), 529–540.

Al Musafiri, A., & Umroh, S. (2022). Penulisan skripsi di era digital: Studi mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(2), 112–120.

Andriyani, D. (2019). Internal stress and academic performance in higher education. Psikodimensia: Jurnal Psikologi, 18(1), 45–53.

Ardiana, A., & Soetjiningsih, T. (2024). Coping strategies among final year students experiencing thesis stress. Jurnal Psikologi Indonesia, 41(1), 25–33.

Barseli, M., Ernawati, E., & Nandini, N. (2017). Academic stress on university students: Causes and consequences. Jurnal Psikologi Ulayat, 4(1), 1–12.

Creswell, J. W., & Zhang, W. (2009). The application of mixed methods designs to trauma research. Journal of Traumatic Stress, 22(6), 612–621. https://doi.org/10.1002/jts.20479

Daniel, H. B., & Taneo, Y. (2019). Academic writing difficulties among undergraduate students. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 9(2), 321–330.

Efrianti, N. (2021). Academic stress and learning burnout in students. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 9(1), 10–16.

Hanham, J. (2023). Cognitive load and self-regulated learning: A conceptual integration. Educational Psychology Review, 35(1), 79–95. https://doi.org/10.1007/s10648-022-09715-9

Kurniawati, N., & Setyaningsih, W. (2020). Kompetensi akademik mahasiswa dalam penulisan skripsi. Jurnal Pendidikan Tinggi, 8(2), 100–110.

Kurniawati, N., & Setyaningsih, W. (2022). Academic burden and stress among Indonesian students. Jurnal Pendidikan Psikologi Indonesia, 4(1), 20–29.

Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. Springer Publishing.

Metanfanuan, M. (2023). Tekanan psikologis mahasiswa saat skripsi pasca pandemi. Jurnal Psikologi Udayana, 11(2), 112–120.

Muhbar, A., & Rochmawati, A. (2017). Dampak stres terhadap kesehatan mental mahasiswa. Jurnal Keperawatan Indonesia, 20(2), 83–91.

Nur, M., & Mugi, R. (2021). Faktor stres akademik dan implikasinya terhadap prestasi. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(1), 13–21.

Nurcahyani, A., & Prastuti, Y. (2020). Dampak stres mahasiswa pekerja. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 6(1), 32–40.

Pratiwi, D. (2019). Komunikasi tugas dan stres akademik mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 16(1), 75–82.

Puspitasari, A., & Widyastuti, R. (2023). Akademik eustress dan pengembangan beban kognitif germane. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 18(1), 56–64.

Silinda, F. (2019). Students’ perceptions of the relationship between motivation and academic stress. South African Journal of Higher Education, 33(1), 180–198.

Subagyo, A., & Ip, H. (2020). Kesulitan penulisan skripsi mahasiswa akhir. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(3), 66–74.

Sweller, J. (1988). Cognitive load during problem solving: Effects on learning. Cognitive Science, 12(2), 257–285. https://doi.org/10.1207/s15516709cog1202_4

Sweller, J. (2010). Element interactivity and intrinsic, extraneous, and germane cognitive load. Educational Psychology Review, 22(2), 123–138. https://doi.org/10.1007/s10648-010-9128-5

Sweller, J., van Merriënboer, J. J. G., & Paas, F. (1998). Cognitive architecture and instructional design. Educational Psychology Review, 10(3), 251–296. https://doi.org/10.1023/A:1022193728205

Syarofi, A., & Muniroh, L. (2020). Gangguan mental akibat beban akademik. Jurnal Kesehatan Mental Indonesia, 7(1), 33–41.

Tudiho, T. (2014). Konsep stres stimulus-respons dan dampaknya terhadap mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 3(2), 105–112.

Wakhyudin, S., & Putri, E. (2020). Academic stress, procrastination, and anxiety among final year students. Jurnal Psikologi Pendidikan Indonesia, 8(2), 201–209.

Zahwa, M., & Hanif, M. (2024). Stres akademik dan beban kognitif mahasiswa akhir. Jurnal Pendidikan Mahasiswa, 17(1), 45–54.


Keywords  :  
Kata Kunci: cognitive load, academic stress, stress model, English thesis, part-time working students beban kognitif, stres akademik, model stres, tesis bahasa Inggris, mahasiswa pekerja paruh waktu.
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-06-20
Cara Mengutip  :  
Sunaryo, D. F. S., Trisnawati, W., & Kurniawan, R. (2025). THE INVESTIGATING STUDENTS’ STRESS MODEL OF THE COGNITIVE LOAD IN UNDERGRADUATE ENGLISH THESIS WRITING: Menyelidiki Model Stres Mahasiswa terhadap Beban Kognitif dalam Penulisan Skripsi Bahasa Inggris Tingkat Sarjana. Journal Of Language Education and Development (JLed), 7(2), 10–23. https://doi.org/10.52060/jled.v7i2.3482
Terbitan  :  

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>