Praktik Pembelajaran Menulis oleh Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Berdasarkan Kurikulum Merdeka: Sebuah Studi Berdasarkan Data Wawancara
Praktik Pembelajaran Menulis oleh Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Berdasarkan Kurikulum Merdeka: Sebuah Studi Berdasarkan Data Wawancara
Abstrak
Studi ini meneliti praktik guru sekolah dasar di Muhammadiyah ketika mengajar surat bahasa Inggris sebagai bagian dari kurikulum gratis. Dengan menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif deskriptif, para peneliti mengumpulkan data melalui wawancara semi-terstruktur. Hasilnya menunjukkan bahwa guru menggunakan strategi sentral siswa dan berbasis konstruktivis, seperti permainan canva, video, dan dialog dialog, mendukung pengembangan kosa kata dan penulisan kepercayaan. Studi ini menunjukkan bahwa prinsip -prinsip kurikulum independen sebagai pembelajaran, yang merupakan siswa yang menarik dan otonom dalam lingkungan sekolah agama, melalui pendidikan kreatif dan adaptif, adalah siswa yang menarik dan otonom. Pengetahuan ini memberikan para pendidik dan keputusan politik. Pembuat memberikan wawasan yang berguna yang bertujuan untuk meningkatkan penulisan di kelas sekolah dasar EFL.
Kata kunci: Pengajaran menulis, Kurikulum Merdeka, Sekolah Dasar Muhammadiyah.
Referensi
Apriani, D., Manallulaili, M., & Kurniasari, R. (2021). Students’ Motivation in Reading English Text: A Survey of Junior High School in Palembang. Jadila: Journal of Development and Innovation in Language and Literature Education, 2(1), 88–100. https://doi.org/10.52690/jadila.v2i1.186
Dockrell, J. E., Marshall, C. R., & Wyse, D. (2016). Teachers’ reported practices for teaching writing in England. Reading and Writing, 29(3), 409–434. https://doi.org/10.1007/s11145-015-9605-9
González-López, M. (2021). Teaching management to reading and writing in children of elementary school. International Journal of Educational Administration, Management, and Leadership, 2(1), 27–34. https://doi.org/10.51629/ijeamal.v2i1.17
Graham, S., MacArthur, C. A., & Hebert, M. (2019). Graham, Steve, and Karen R. Harris. “Evidence-based practices in writing.” In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 2).
Hsiang, T. P., Graham, S., & Yang, Y. M. (2020). Teachers’ practices and beliefs about teaching writing: a comprehensive survey of grades 1 to 3 teachers. In Reading and Writing (Vol. 33, Issue 10). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/s11145-020-10050-4
Jansen, C., & Merwe, P. van der. (2015). Teaching Practice in the 21st Century: Emerging Trends, Challenges and Opportunities. Universal Journal of Educational Research, 3(3), 190–199. https://doi.org/10.13189/ujer.2015.030304
Literacy, D., In, S., & World, A. D. (n.d.). 21st-Century Readers.
Mahliansyah. (2019). The Correlation Between Students’ Reading Interest and their Speed Reading. Thesis, 561(3), S2–S3.
Marzuki, Widiati, U., Rusdin, D., Darwin, & Indrawati, I. (2023). The impact of AI writing tools on the content and organization of students’ writing: EFL teachers’ perspective. Cogent Education, 10(2). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2236469
Prasiska, C., Tohamba, P., & Ansyar, M. (2025). Teachers ’ Readiness for Implementing the Merdeka Curriculum in English Instruction. 2(1), 20–29. https://doi.org/10.12928/cece.v2i1.1138
Puspitasari, P. E., & Utami, R. D. (2023). Analysis Of Teachers Readiness In Implementing The Independent Curriculum In Elementary Schools. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 145–156. https://doi.org/10.30997/dt.v10i2.9761
Putri, A. R., Askurny, N. R., & Elfiza, R. (2019). An analysis of students’ ability in writing short message in smpn 4 tanjungpinang. Journal of Language, Literature, and English Teaching (JULIET), 1(1), 10–12.
Rizkiawan, B., Soma, R., Jambi, U., & Jambi, U. M. (2024). The EFL Teachers ’ Challenges in Teaching Listening Skills at One Islamic Senior Highschool. 6(2), 1–10.
Rosadi, A., & Purwokerto, U. M. (2022). Strategies to Teach English as a Foreign Language in Merdeka Curriculum : A Systematic Literature Review. 18. https://doi.org/10.30595/pssh.v18i.1278
Sunariati, R., Muhibbin, A., Anif, S., & ... (2023). Development of Pedagogical Professional Competency for Muhammadiyah Elementary School Teachers. … Summit on Science …, 191–204. https://proceedings.ums.ac.id/index.php/iseth/article/view/3821%0Ahttps://proceedings.ums.ac.id/index.php/iseth/article/download/3821/3472
Keywords | : | |
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-07-30
|
Cara Mengutip | : |
Eka Saputri, R. M. (2025). Praktik Pembelajaran Menulis oleh Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Berdasarkan Kurikulum Merdeka: Sebuah Studi Berdasarkan Data Wawancara: Praktik Pembelajaran Menulis oleh Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Berdasarkan Kurikulum Merdeka: Sebuah Studi Berdasarkan Data Wawancara. Journal Of Language Education and Development (JLed), 7(2), 24–33. https://doi.org/10.52060/jled.v7i2.3070
|
Terbitan | : |