Early Starter Vs Late Starter In Learning English As Foreign Language
Abstrak
Pembelajaran bahasa berkaitan dengan bahasa pertama dan bahasa kedua (Meilan, 2014).Proses memperoleh bahasa kedua dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu pemerolehan secara alami, sosial, motivasi dan sikap terhadap Bahasa target. Pemerolehan Bahasa bisa melalui pendidikan dan pembelajaran. Banyak pendapat para ahli mengenai pemerolehan dan pembelajaran Bahasa. Beberapa ahli pada penelitian terdahulu menemukan bahwa anak-anak merupakan pelajar yang sedang berada di masa kritikal thinking, sehingga akan lebih mudah bagi mereka belajar dan menghapal Bahasa. Akan tetapi, beberapa penelitian terdahulu menemukan bahwa penurunan daya ingat siswa berkaitan dengan usia. Usia bukanlah ukuran keberhasilan dalam menguasai bahasa kedua/asing selain bahasa ibu, sepanjang orang tersebut mempunyai keinginan untuk menggunakan bahasa asing atau bahasa kedua tersebut untuk keperluan integrasi dan sosialisasi.
Referensi
Aggarwal, J. (2009). Principles, Methods & Techniques Of Teaching. India: Vikas Publishing House Pvt Ltd, India.
Amelia, R. (2016). Manfaat Akuisisi Bahasa Kedua Awal. Jurnal Pengajaran Bahasa Inggris Terpadu Indonesia , 2 (1), 19-30.
Amelia, R.(2016). Benefits of Early Second Language Acquisition. Indonesian Journal of Integrated English Language Teaching, Vol 2 (1).
Arbi, A. M. (2021). Peran Permainan terhadap Pemerolehan Bahasa Kedua. Diglosia. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Majalengka, 5(2), 500-512.
Arifin, WL (2020). Perbedaan Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa Kedua/Asing Orang Dewasa dan Anak-anak. Jurnal Masalah Belajar Mengajar Bahasa Inggris , 3 (2), 99-114.
Burt, M., Peyton, J., & Schaetzel, K. (2008). Working with Adult English Language Learners with Limited Literacy. CAELA Network.
Cook, V. (2013). Second Language Learning and Language Teaching. USA: Routledge.
Espinosa, Linda M. (2011) .Second Language Acquisition in Early Childhood.
Irwandi. (2020). Second Language Learning For Adult. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila. Vol 5 (1).
Larjanko, J. (Ed.). 2016. Adult Edu- cation and Development: Skills Irwandi, Pembelajaran Bahasa Kedua untuk Orang Dewasa. PPKN dan Hukum, Vol. 15 (1).
Oktarina, R. (2023). Pemerolehan bahasa Inggris untuk anak usia dini. Edu Cendekia Jurnal Ilmiah dan Kependidikan, Vol. 3 (1)
O’Malley, J. M. and Chamot, A. U. 1990. Learning Strategies in Second Language Acquisition. Cambridge: Cambridge University Press.
Rezeki indah, T. 2021. Children’s Language Acquisition due to the Influence of Animation Film. English Teaching and Linguistics Journal (ETLiJ).
Risarani, S. T., Syafrudin, U., & Oktarina, R. (2023). Pemerolehan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Edu Cendikia. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01), 204-212.
Rosiyana, R. (2020). Pengajaran Bahasa Dan Pemerolehan Bahasa Kedua Dalam Pembelajaran Bipa (Bahasa Indonesia Penutur Asing). Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3), 374-382.
T. Atai & F. Shojaei. (2014). The Effect of Group Work on Speaking Ability of EFL Learners. Journal of Applied Linguistics and Language Research.
Wallin, J., & Cheevakumjorn, B. (2020). Belajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Kedua: Lebih Awal Lebih Baik. Jurnal Masyarakat Pendidik Bahasa Inggris, 5 (1), 1-8.
Zhang, W. 2011 .The Role of Motivation in Second Language Acquisition: A Study of Chinese EFL Learners.

Keywords | : |
Kata Kunci:
: Lexical Cohesion, Politic Column, Jakarta Post Newspaper. Pemerolehan bahasa inggris sebagai bahasa kedua,Usia dini, Dewasa
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-11-30
|
Cara Mengutip | : |
Juwita, A. ., Harahap, N. H., Jumiati, T., Hilpina, V., Pebria, E., & Lastaria, P. (2024). Early Starter Vs Late Starter In Learning English As Foreign Language. Journal Of Language Education and Development (JLed), 7(1), 19–31. https://doi.org/10.52060/jled.v7i1.2792
|
Terbitan | : |