THE EFFECT OF HAMBURGER STRATEGY TOWARDS THE STUDENTS WRITING DESCRIPTIVE TEXT AT ONE ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL

Jihan Chairunnisa Aidafani ( UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi )
Yorina An'guna Bansa ( UMJ )
Robi Soma ( Universitas Jambi )
Ratih Rosita ( UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAMBI )

Abstrak

ABSTRAK

 

Penelitian ini membahas tentang pengaruh strategi hamburger dalam menulis teks deskriptif. Strategi hamburger merupakan strategi organisasi penulisan yang menguraikan secara visual komponen-komponen utama suatu paragraf. Ketika menulis menggunakan strategi hamburger, siswa akan belajar mengingat cara membangun paragraf dan pentingnya setiap komponen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif eksperimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Nururrodhiyah Kota Jambi. Peneliti mengambil 40 siswa sebagai sampel dan dibagi menjadi dua kelompok dengan menggunakan total sampling. Kelompok pertama adalah kelas XI A sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menerapkan strategi hamburger, sedangkan kelompok kedua adalah kelas XI B sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Tes ini terdiri dari dua jenis, yaitu Pre-Test dan Post-Test. Data dianalisis dengan menggunakan rumus T-Test pada SPSS versi 25. Hasil Independent Samples dan Paired t test. Hasil rata-rata kelompok yang sama yang diajarkan dengan menggunakan Strategi Hamburger memperoleh skor 0,000 yang dapat dilihat dari kriteria hipotesis apabila hasilnya kurang dari 0,05 maka berarti Ha ditolak. Dan hasil uji t-sampel independen menunjukkan perbedaan rata-rata sebesar 68,700 dan signifikan 2-tailed ≤ 0,05 (0,000 ≤ 0,05). Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis siswa antara siswa yang diajarkan dengan Strategi Hamburger dan siswa yang diajarkan dengan teknik konvensional atau dari guru Madrasah Aliyah Nururrodhiyah Kota Jambi.

 

Kata Kunci: teks deskriptif, strategi hamburger, keterampilan menulis

 

Referensi

REFERENCES

Adolph, R. (2016). Analisis Pengaruh Menulis dan Belajar. Universitas Lampung, 1–23.

Aliyah, M., & Huda, F. (2021). The effect of brainwriting 6-3-5 technique on students’ writing at first grade students of madrasah aliyah fathul huda.

Angelina, S. M. (2019). The Use of Hamburger Strategy in Improving Writing Skill Among The Eleventh Grade of Ma Ma`Arif Nu 5 Sekampung.

Aswir, & Misbah, H. (2018). The Correlation Between Students’ Reading Habit and Their Writing Ability. Photosynthetica, 2(1), 1–13.

Bhowmik, S. (2021). Writing Instruction in an EFL Context: Learning to Write or Writing to Learn Language? BELTA Journal, 5(1), 30–42. https://doi.org/10.36832/beltaj.2021.0501.03

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Mixed Methods Procedures. In Research Defign: Qualitative, Quantitative, and Mixed M ethods Approaches.

Creswell, J. W. L. of C. C. D. (2557). Research Design by John W. Creswell 4 edition. In Library of Congress Cataloging (Vol. 4, Issue 1).

Eviyuliwati, I., & Sarwan, C. A. (2018). the Effect of Hamburger Strategy on Students’ Reading Comprehension of Recount Texts. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 5(1). https://doi.org/10.15408/ijee.v5i1.9880

Fadul, F. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Mind Mapping sebagai Strategi Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Stei, 2020, 43–54.

Hidayat. (2014). Metode Penelitian Keperawatan. Eprints.Poltekkesjogja.Ac.Id, 7–11.

Hisni, Z., Universitas, M., & Batam, P. (2017). Efl Students’ Writing of Descriptive Text: a Paragraph Structure Analysis. 52.

Jalil, A. (2020). the Effect of Hamburger Strategy Towards Students’ Writing Skill in Recount Text At the First Grade of Man 4 Kediri. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Proficiency, 2(2), 33. https://doi.org/10.32503/proficiency.v2i2.1408

Jayanti, A. (2019). Students’ Writing Ability on English Descriptive Text at Grade VIII in SMPN 33 Padang. English Language and Education, 3(1). https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Kurniasih, I. (2018). the Use of Hamburger Paragraph and Self- Regulated Learning on Student ’ S Writing Faculty of Educational Sciences.

Lasaka, C. O., Jamiluddin, J., & Erniwati, E. (2018). Effect of using paragraph hamburger strategy on students writing achievements. E-Journal of ELTS (English Language Teaching Society), 6(1), 1–15.

Majiid, S., & Amaliyyah, R. (2021). Using Paragraph Hamburger Strategy in Teaching Reading Comprehension on Recount Text. February, 6.

Martínez, J., López-Díaz, A., & Pérez, E. (2020). Escritura como proceso en la enseñanza de inglés como lengua extranjera. RECIE. Revista Caribeña de Investigación Educativa, 4(1), 49–61. https://doi.org/10.32541/recie.2020.v4i1.pp49-61

Napitupulu, F. D. (2018). The Effect of Hamburger Strategy in Writing Descriptive Text of the 1st Semester Students of English Department in Nommensen University. Journal of English Language and Culture, 7(1), 7–16. https://doi.org/10.30813/jelc.v7i1.1018

Nopita, D. dkk. (2014). The Implementation Of Hamburger Strategy To Improve Students’ Ability To Write Hortatory Exposition Text. FKIP Bung Hatta, 1–10.

Noprianto, E. (2017). Student’s Descriptive Text Writing In SFL Perspectives. IJELTAL (Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics), 2(1), 65. https://doi.org/10.21093/ijeltal.v2i1.53

Noviana, F., Trahutami, S., Hesti, E. I., & Rosliana, L. (2018). Jurnal “HARMONI” , Volume 2 Nomor 2, Desember 2018 Departemen Linguistik FIB UNDIP. Harmoni, 2, 41–46.

Qadaria, L. (UINSU M. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Keterampilan Menulis Belajar Siswa SD Kelas IV. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(3).

Rizki, A. (2013). An Analysis Of Grammatical..., Rizki Annisaa, FKIP UMP, 2016. 5–18.

Sipayung, K. T., Tampubolon, S., Napitupulu, F. D., & Tobing, F. L. (2021). Generic structure of descriptive text written English language learner and teachers. Linguistics and Culture Review, 5(S3), 1636–1650. https://doi.org/10.21744/lingcure.v5ns3.1950

Steiner, E. (2019). Appendix 1. A Functional Perspective on Language, Action, and Interpretation, 241–252. https://doi.org/10.1515/9783110857009-006

Tesya, D. (2023). The Effect of Using Sequence of Pictures on Students’ Writing Skill at Islamic Junior High School Al-falah Jambi (Vol. 5). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Widya Fransiska, F. (2016). The Effectiveness of Using Story Circle In Teaching Writing. 9(2), 290.

Yunita, D. W. I. (2022). The effect of cooperative script (cs) on students’ reading comprehension at mtsn 2 tanjung jabung timur.


Keywords  :  
Kata Kunci: descriptive text, hamburger strategy, writing skill teks deskriptif, strategi hamburger, keterampilan menulis
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-11-30
Cara Mengutip  :  
Aidafani, J. C., Bansa, Y. A., Soma, R., & Rosita, R. (2024). THE EFFECT OF HAMBURGER STRATEGY TOWARDS THE STUDENTS WRITING DESCRIPTIVE TEXT AT ONE ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL. Journal Of Language Education and Development (JLed), 7(1), 1–18. https://doi.org/10.52060/jled.v7i1.2672
Terbitan  :