EVALUATION OF WRITING SKILLS AND STRATEGIES IN 3RD SEMESTER STUDENTS OF UMMUBA'S ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif guna mengidentifikasi sejauh mana penilaian diri siswa terhadap kemampuan menulis dan strategi yang diterapkan oleh mahasiswa semester 3 Departemen Pendidikan Bahasa Inggris UMMUBA. Metode survei dengan kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data tentang tingkat kepercayaan diri dalam menulis, pemahaman terhadap strategi menulis yang mencakup strategi penulisan umum, strategi sebelum menulis, strategi selama menulis, dan strategi setelah menulis. Analisis statistik akan dilakukan untuk menginterpretasikan data survei dan menarik kesimpulan terkait aspek-aspek yang dievaluasi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai kondisi sebenarnya secara kuantitatif terkait kemampuan menulis dan strategi yang digunakan oleh mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMMUBA.
Referensi
REFERENCES
Abbas, F. F. (2021). Investigasi Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Esai Ilmiah pada Mata Kuliah Composition and Essay Writing. Jurnal Pendidikan, 9(2).
Andrade, HL. (2019). A Critical Review of Research on Student Self-Assessment. Frontiers in Education, 4, 87.
Apriyanti, C., Widyaningsih, L., Aprilia, B., & Romadhoni, D. (2020). ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENGEMBANGKAN IDE PADA BASIC WRITING.
Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1).
Ardhi, N. I & Trihantoyo, S. (2021). Pengembangan Self- Assessment Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sman 2 Kediri. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(4), 915-931.
Azar Najafi. (2017). The Impact of Self-Regulatory Strategies on the Essay Writing of EFL Students with and without Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Applied Research on English Language.
Balderaz, Iraís Ramírez, & Patricia María Guillén. (2018). Self and Peer Correction to Improve College Students' Writing Skills. V20N2.67095.2018.
Bommanaboina, R. D & Guduru,
R. (2022). The Impact of Self-assessment of Engineering Students’ Awareness of Pre-Writing Strategies on Writing Performance. Journal of Applied Linguistics and
Language Research, 9(4),
-54.
Cahyanto & Afifulloh. (2021). Instrumen Self-Asessment Berbasis Self-Regulated Learning untuk Penilaian Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori,
Penelitian, dan Pengembangan, Malang.
Creswell, J.W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Eka Deli. (2020). The Implementation of Bedsra Teaching Strategies in Reading comprehension at the Second Grade Students of SMP N 2 Kota Jambi in Academic Year 2018-2019. Journal Unbari, Jambi.
Febtrina, A., Ahmad, A. W., & Mustika, R. (2022). Pengaruh Pelaksanaan Self Assessment System, Pengetahuan Perpajakan, dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Restoran di Kota Padang. Jurnal Akuntansi, Bisnis, dan Ekonomi Indonesia, 1(1), 15-24.
Hannah et al. (2019). A guide for many authors: Writing manuscripts in large collaborations. Manuscripts In Large Collaborations, Virginia.
J Deshmukh. (2014). General Writing Strategies. Semantic Scholar.
Martinez, A., Co, M., Lau, J., and Brown, J. (2020). Filipino help-seeking for mental health problems and associated barriers and facilitators: a systematic review. Soc. Psychiatry Psychiatric Epidemiol. 55,
–1413.
Mulyati, Yeti. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa.Universitas Terbuka.Jakarta
Nguyen Thi. (2023). Perspektif Guru EFL terhadap penggunaan ChatGPT di kelas Menulis: Studi Kasus di Universitas Van Lang. Jurnal Internasional Pengajaran Bahasa.
Nhung, T. N. (2023). A Study on Writing Strategies used by Students of Different Levels of Proficiency at A University in Vietnam, 6(5).
Rofi’ah, Siti et al. (2021). Analisis Kecemasan Menulis Dan Strategi Menulis Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nahdatul Ulama Blitar. Brilliant: Jurnal Riset dan Konseptual, Blitar.
Rohmatillah. (2016). English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris 9 (1), 186-
, 2016
Sastaparamitha, J. A., & Martarini,
L. M. (2020). The Effect of
Guided Writing Strategy in Writing Skill. Journal of English Language Education, 3(2).
Stančić, Milan. (2021). Peer assessment as a learning and self-assessment tool: a look inside the black box. Assessment & Evaluation in Higher Education, 46(6),
-864..
Tara. (2019). Revising revising and a focus on double vision in drafting: A look at one writing program’s strategies for increasing revision practices in first-semester composition. Southeastern Journal Writing and Pedagogy.
Triave, Et Al. (2017). Hubungan Gaya Belajar Dan Keterampilan Belajar Dengan Hasil Belajar Mahasiswa.
Ursa, A. (2020). Collocation and connotation in chapter “Scylla and Charybdis” of
James Joyce’s Ulysses. An analytical study of the Romanian translation. SWEDISH JOURNAL OF ROMANIAN STUDIES,
Swedish.
Yuzhen Chen, Suping Liu. (2022). Exploring The Use Of An Online Bilingual Dictionary In EFL Writing. International Journal Of Lexicography 35 (4), 468-490, 2022
Zhang, X.S., & Zhang, L.J. (2022). Sustaining Learners' Writing Development: Effects of Using Self-Assessment on Their Foreign Language Writing Performance and Rating Accuracy.
Keywords | : | |
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-06-30
|
Cara Mengutip | : |
Aura, D. (2024). EVALUATION OF WRITING SKILLS AND STRATEGIES IN 3RD SEMESTER STUDENTS OF UMMUBA’S ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT. Journal Of Language Education and Development (JLed), 6(2), 45–56. https://doi.org/10.52060/jled.v6i2.2240
|
Terbitan | : |