PERSEPSI MAHASISWA STIE MUHAMMADIYAH JAMBI TERHADAP KAHOOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Rahmat Fajar ( Universitas Muhammadiyah Jambi )
Syilvia Wenni ( Universitas Muhammadiyah Jambi )

Abstrak

Penelitian ini melihat sejauh mana kahoot dapat digunakan oleh siswa STIE Muhammadiyah Jambi dalam memahami bahan ajar sekaligus menganalisis persepsi mahasiswa mengenai kekuatan dan kelemahan media ini ketika dipraktikkan dalam pengajaran sehari-hari. Sasaran penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama STIE Muhammadiyah Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Data diambil dari observasi, catatan lapangan dan kuesioner yang dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden menyatakan bahwa keunggulan utama Kahoot adalah praktis dan mudah digunakan. Mayoritas responden tidak mengalami hambatan untuk menggunakan aplikasi ini. Manfaat terbesar yang dirasakan responden adalah suasana belajar yang menyenangkan dan hasil yang cukup menunjukkan kemampuan mereka untuk memahami materi. Selain itu, kemampuan dosen sudah memadai dalam penggunaan media pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari tingkat kepuasan peserta terkait kinerja dosen. Sementara kelemahan terbesar dari penggunaan Kahoot adalah kendala teknis terkait jaringan dan tidak ada peluang untuk memperbaiki jawaban

Kata kunci: alat pembelajaran, persepsi siswa, efektifitas kahoot


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-12-31
Cara Mengutip  :  
Fajar, R., & Wenni, S. (2019). PERSEPSI MAHASISWA STIE MUHAMMADIYAH JAMBI TERHADAP KAHOOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Journal Of Language Education and Development (JLed), 2(1), 213–223. https://doi.org/10.52060/jled.v2i1.180
Terbitan  :