relation, listening, writing HUBUNGAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERPEN DENGAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI MAN LUBUK ALUNG

HUBUNGAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERPEN DENGAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI MAN LUBUK ALUNG

Dwi Mutia Chan ( STKIP YDB Lubuk Alung )
Desi Ratna Sari ( STKIP YDB Lubuk Alung )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Pertama, katerampilan menyimak cerpen siswa kelas XI MAN Lubuk Alung. Kedua, keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI MAN Lubuk Alung. Ketiga, menganalisis hubungan kemampuan menyimak cerpen dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI MAN Lubuk Alung. Berkaitan dengan permasalahan, teori yang digunakan dalam penelitian sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis cerpen. Kedua, kemampuan menyimak cerpen. Ketiga, hubungan kemampuan menyimak cerpen dengan keterampilan menulis cerpen. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN Lubuk Alung dengan sampel 30 orang. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan menyimak cerpen  sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis cerpen. Terdapat dua data yang diolah. Pertama, keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI MAN Lubuk Alung, Kedua, data kemampuan menyimak cerpen siswa kelas XI MAN Lubuk Alung. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan tiga hal. Pertama, keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI MAN Lubuk Alung berada pada kualifikasi baik sekali (87,96). Kedua, kemampuan menyimak cerpen siswa kelas XI MAN Lubuk Alung berada pada kualifikasi baik (80,78). Ketiga, terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan menyimak dan keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI MAN Lubuk Alung dengan derajat kebebasan n-1 (30-1=29) dan p= 0,95. Berdasarkan hal tersebut, disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu 7,18 > 1,70.


Keywords  :  
Kata Kunci: The research was conducted to analyze first, students comprehension in listening to the short story. Second, Students Comprehension in writing the short story by the eleventh grade of MAN Lubuk Alung. Third, to relate the comprehension of listening and writing by the eleventh grade of MAN Lubuk Alung. The theory of this research were the competency in listening, writing and analyzing the short story. The type of this research was quantitative research with analitycal descriptive method and used a correlational research schema . The population and sample of this research was the eleventh grades of MAN Lubuk Alung. The sample of this research is 30 students. The data collected by objective test and writing test. The objective test used to collect the data about the comprehension of listening a short story. Writing test used to collect the data about comprehension of writing short story. From this research, it can be concluded that first, the comprehension of writing short story by eleventh grade of MAN Lubuk Alung was Significant (87,96), second the comprehension of listening short story by eleventh grade of MAN Lubuk Alung was very good. Third, the relation between listening and writing skill was significant by freedom degree n-1 (30-1 29) and p=0,95. It means, comprehension h0 ignored and h1 accepted, by the result of tcalculate bigger than ttable 7,18>7,10. relation, listening, writing short story.
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-12-31
Cara Mengutip  :  
Chan, D. M., & Sari, D. R. (2019). relation, listening, writing HUBUNGAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERPEN DENGAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI MAN LUBUK ALUNG: HUBUNGAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERPEN DENGAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI MAN LUBUK ALUNG. Journal Of Language Education and Development (JLed), 2(1), 196–204. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pbi/article/view/172
Terbitan  :