EFEKTIF PENGGUNAAN PODCAST TERHADAP PENDENGARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Niken Peby Pindarosa ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Niken Peby Pindarosa ( )

Abstrak

Kegiatan menyimak yang merupakan proses interaktif perlu disajikan sebagai proses interaktif dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi siswa. Penelitian ini dilakukan untuk menggali informasi tentang peningkatan keterampilan mendengarkan dan minat belajar siswa melalui pemanfaatan podcast. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian tentang strategi pengajaran motivasi yang dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa. Strategi yang diusulkan disini antara lain dengan menerapkan Student Teams Achievement Division (STAD) menggunakan media podcast. Penelitian menunjukkan bahwa podcast tidak hanya dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa tetapi juga meningkatkan partisipasi aktif mereka dalam kegiatan pembelajaran. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan keterampilan mendengarkan bahasa Inggris dapat ditingkatkan melalui podcast.

Referensi

Cahyaningrum, D. (2012). The Effectiveness of Student Teams-Achievement Divisions/STAD in Teaching Listening Viewed From Students' Self-Esteem. Universitas Sebelas Maret Surakarta: Thesis yang tidak dipublikasikan.

Chan, W. M., Chi, S. W., Chin, K. N., & Lin, C. Y. (2011). Students' Perceptions of and Attitudes Towards Podcast-based Learning. Electronic Journal: Journal of Foreign Language Teaching.

Fernandez, V., Simo, P., & Sallan, J. M. (2009). Podcasting: A New Technological Tool To Facilitate Good Practice in Higher Education: Computers Education.

Nunan. (2002). Listening in Language Learning. Methodologyin Language Teaching: An Anthology of Current Practice.

Nurwahdaniah, Prasetyaningrum Ari, Fathurrohman. (2023). Using Podcast To Enchance Students' Listening Ability. Indonesia: Jurnal Studi Pendidikan.

O'Malley, J. M. and Chamot, A. U. (1990). Learning Strategies in Second Language Acquisition. Cambridge: Cambridge University Press.

Puspitasari Yunita, Darmawan Adib, Setyawati Ida. (2012). Podcast Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Mahasiswa STKIP PGRI Jombang. Jawa Timur: Academic Journal.

Rost, M. (2002). Teaching and Researching Listening. Teaching english as a Second or Foreign Language.

S. Khairiah, Mulia, R. Khaira. (2021). Improving Students' Listening Skill Using Podcast. Indonesia: Academic Journal.

Toyib Muhammad, Humaisi Syafiq, Muzakki Harir M. (2012). Penggunaan Podcast Dalam STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Pada Mata Kuliah Listening Prodi Tadris Inggris Jurusan Tarbiyah Stain Ponorogo. Indonesia: LPPM Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.

Keywords  :  
Kata Kunci: Podcast, listening, motivation podcast, mendengarkan, motivasi
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-11-06
Cara Mengutip  :  
Pindarosa, N. P., & Pindarosa, N. P. (2022). EFEKTIF PENGGUNAAN PODCAST TERHADAP PENDENGARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Journal Of Language Education and Development (JLed), 5(1), 23–34. https://doi.org/10.52060/jled.v5i1.1577
Terbitan  :