Analisa Pembayaran Berbicara Dalam Konteks Pendidikan

Seyla Putri Rizkyta ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Artikel ini menganalisis pentingnya belajar berbicara dalam konteks pendidikan. Pembelajaran berbicara memegang peranan penting dalam mengembangkan kemampuan komunikasi siswa. Dalam analisis ini, penulis mengeksplorasi berbagai metode dan strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran berbicara yang efektif memerlukan pendekatan yang komprehensif, meliputi penggunaan teknologi, simulasi, dan peran aktif siswa dalam diskusi dan presentasi. Artikel ini memberikan informasi berharga bagi pendidik untuk merencanakan dan melaksanakan pengajaran lisan yang efektif.

Pentingnya belajar berbicara dalam konteks pendidikan tidak diragukan lagi. Keterampilan berbicara yang baik sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkungan sosial maupun dunia kerja. Dalam artikel ini, penulis mencoba menganalisis secara mendalam strategi dan metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas.

Salah satu kesimpulan utama analisis ini adalah bahwa belajar berbicara secara efektif memerlukan pendekatan yang komprehensif. Artinya tidak hanya fokus pada pengembangan keterampilan teknis berbicara tetapi juga melibatkan penggunaan teknologi, simulasi dan peran aktif siswa dalam diskusi dan presentasi. Di era digital saat ini, pemanfaatan teknologi untuk belajar berbicara sangatlah relevan. Oleh karena itu, penulis menekankan pentingnya mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran ekspresi verbal agar siswa menjadi akrab dengan teknologi dan mengembangkan keterampilan berbicara dengan lebih efektif.

Referensi

Haryadi & Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Bahasa Indonesia. Yogyakarta:Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Arini, N. W., dkk. 2006. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Berbasis Kompetensi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press

Margareta, M. (2020). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Pada Kelas 6 Energi dan Perubahannya Sub Tema 1 SumberEnergiKelas 3 SD Negri 2 Bangon. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8 (9), 121-131.
Wijayanti, T., dkk. (2021). Pengaruh Kecerdasar Emosional Dan Kemandirian Belajar Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Edukatif. 3 (4), 1953-1961.

Nikmah, D. A. A., Setyawan, A., &Citrawati, T. (2020). Analisis Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Buluh 2. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro. 1 (1), 618-625.

Nawawi, Ummul Qura, Indah Rahmayanti. Keterampilan Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Uhamka Press. 2017.



Susanti, Elvin. 2020. Keterampilan Berbicara. Depok: Raja Grafindo Persada

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., &Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui model project based learning (PjBL) berbantuan metode edutainment pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. RefleksiEdukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Mabruri, Z. K., &Aristya, F. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Melalui Penerapan Strategi Role Playing Sekolah Dasar Negeri 1 Ploso Pacitan. Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2).

Saddono, K. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.

Keywords  :  
Kata Kunci: Speaking, educational Context, analysis Berbicara, Konteks Pendidikan, Analisa
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-01-04
Cara Mengutip  :  
Rizkyta, S. P. (2024). Analisa Pembayaran Berbicara Dalam Konteks Pendidikan. Journal Of Language Education and Development (JLed), 5(1), 44–56. https://doi.org/10.52060/jled.v5i1.1568
Terbitan  :