Penggunaan Film Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendengarkan Siswa

Ratu Nafla Anissa Roshalina .HK ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Dalam beberapa tahun terakhir, media belajar telah berkembang dengan sangat baik dalam berbagai jenis yang merupakan media dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa. Contoh dari media yang mungkin digunakan adalah film bahasa Inggris. Dengan menggunakan film bahasa Inggris ini banyak manfaat yang diperoleh siswa, yaitu siswa dapat belajar pengucapan bahasa Inggris yang baik secara langsung dari film yang disiarkan, siswa dapat menambahkan kosakata baru, siswa dapat mempelajari tata bahasa dan benar dan juga siswa dapat melatih keterampilan mendengarkan mereka. Selain itu, film ini bisa digunakan sebagai media yang bisa membuat siswa lebih aktif dalam mengikuti kelas, tidak membosankan dan menarik sehingga belajar menjadi baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa banyak penggunaan film yang efektif dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa di bidang studi bahasa Inggris siswa, dan juga untuk mengetahui perspektif siswa dalam penggunaan film sebagai pembelajaran sedang. Dalam penelitian yang dilakukan, peneliti menggunakan metode kajian sastra dengan mengumpulkan beberapa data dari berbagai jurnal terkait untuk tinjauan dalam mengumpulkan data. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan film Inggris meningkatkan kemampuan Mendengarkan siswa sangat efektif. Menurut perspektif siswa, penggunaan film ini sangat membantu mereka dalam belajar.

Referensi

Budiasih, N. N. (2020). Penggunaan Media Film Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak (Listening) Bahasa Inggris Bagi Siswa Kelas XII P MIPA 1 SMA Negeri 1 Ubud Pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 21(1).

Fussalam, Y. E., Lestari, R., & Anggelia, R. Y. (2019). A Study of Listening Skills Through Movie: A Review Of The Current Literature. Journal Of Language Education and Development (JLed), 1(2), 158-168.

Kusumaningrum, M. A. D. (2015). Using English movie as an attractive strategy to teach senior high school students English as A foreign language. LLT Journal: A Journal on Language and Language Teaching, 18(1), 11-18.

Megawati, M., Harimurti, E. R., Nurwiatin, N., & Nurhasanah, N. (2021). Hubungan Antara Kebiasaan Menonton Film Berbahasa Inggris Menggunakan English Subtitle Dan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris. Research and Development Journal of Education, 7(2), 363-372.

Mulyadi, D., & Mutmainnah, Y. (2015). Penggunaan Film Berbahasa Inggris dengan English Subtitle dalam Meningkatkan Keterampilan Listening. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional.

Nurmala, D. (2019, September). Media Film Berbahasa Inggris Dalam Pembelajaran Listening. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian (Vol. 2, No. 2, pp. 963- 968).

Oktanisfia, N., & Susilo, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Story Telling Dalam Meningkatkan English Speaking Skill at Mr. Bob English Course. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 5(1), 48-53.

Pamungkas, I. B. A., & Adi, S. S. (2020). Students’ perception About Improving English Listening Skills Using Movies Among the Vocational High School Students. Erudio Journal of Educational Innovation, 7(2).


Keywords  :  
Kata Kunci: Listening Ability, English Movie, English Kemampuan Mendengarkan, Film Berbahasa Inggris, Bahasa Inggris
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-01-03
Cara Mengutip  :  
Roshalina .HK, R. N. A. (2024). Penggunaan Film Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendengarkan Siswa. Journal Of Language Education and Development (JLed), 6(1), 41–50. https://doi.org/10.52060/jled.v6i1.1559
Terbitan  :