Pengaruh Lagu Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Terhadap Siswa

Beby Florencia Putri ( )

Abstrak

Saat ini, kemampuan berbahasa Inggris merupakan hal terpenting yang harus dimiliki siswa. Di dunia ini banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan lagu. Tujuan penelitian dalam artikel ini adalah untuk mengetahui seberapa sukses penggunaan lagu dalam mengembangkan bakat berbahasa Inggris pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi kualitatif. Penulis memperoleh beberapa data mengenai bagaimana lagu digunakan untuk mengembangkan tingkat bahasa Inggris siswa dengan menilai penelitian sebelumnya dan menganalisis beberapa panduan seperti buku, artikel, jurnal dan dokumen yang masih berkaitan dengan pembahasan yang diujikan. Dari sini penulis dapat menarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan lagu sebagai alat untuk mengembangkan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris, ini merupakan cara tercepat untuk mengembangkan kemampuan siswa. oleh karena itu banyak lagu yang dapat ditemukan dengan mudah dalam kehidupan siswa. Jadi lagu dapat dengan mudah membantu tingkat pendengaran dan pengucapan siswa. dan lagu ini juga dapat membantu siswa dalam menggunakan lagu. Penggunaan lagu dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan mendengarkan dan pengucapannya yang juga dapat menambah kosakata yang dimilikinya.

Referensi

Hidayanti, F. (2011). Peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Inggris melalui lagu dan permainan pada siswa kelas IV di SDN Madiredo 02 Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Jadal, M. M. (2011). A study of effectiveness of the audio-visualaids in teaching and learning of English at primary level in ZP Primary Schools of Solapur District. Indian Streams Research Journal, 1(7), 1–21.

Kömür, Ş., Saraç, G., & Şeker, H. (2005). Teaching English through Songs (Practice in Muğla/Turkey). Sosyal Bilimler Enstitüsü Dergisi (İLKE), 15, 120.

Andaryani, E. T. (2019). Pengaruh Musik Dalam Meningkatkan Mood Booster Mahasiswa. Musikolastika, 1(2), 109–115.

Angmalisang, H. Y. (2013). Pengaruh Minat Pada Lagu Bahasa Inggris terhadap Kemahiran Mendengarkan Siswa di SMA Kristen Manado.

Anonim. (n.d.). Pengaruh Lagu Alan Walker (Lily) terhadap Kemampuan Vocabulary dan Pronunciation Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris

Listiyaningsih, T. (2017). The Influence of Listening English Song to Improve Listening Skill in Listening Class. Academica : Journal of Multidisciplinary Studies, 1(1), 35– 49.

Lolong, S. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Lagu Bahasa Inggris Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 1(3).

Mulatsih, D. (2015). Pronunciation Ability by Using English Song in Indonesian Student of Unsgawati Cirebon. English Language and Learning, 2(2), 294–299.

Nagauleng, A. M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Berbahasa Inggris Dengan Menggunakan Lagu-Lagu Berbahasa Inggris. Kependidikan, 7(2), 199– 209.

Novikasari, Y. (2011). the Correlation Between Students’ Vocabulary Mastery and Their Translation Ability of the Second Year Students of Senior High School.

Nurhayati, L. (2009). Penggunaan Lagu Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa Sd; Mengapa Dan Bagaimana. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 5(1), 1–13.

Nurkhaeni, I. (2010). Improving Students’ Vocabulary Mastery Through English Song.


Keywords  :  
Kata Kunci: Song, Listening, English Education, Speaking Lagu, Pendengaran, Pendidikan Bahasa Inggris, Berbicara
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-01-03
Cara Mengutip  :  
Putri, B. F. (2024). Pengaruh Lagu Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Terhadap Siswa. Journal Of Language Education and Development (JLed), 6(1), 29–40. https://doi.org/10.52060/jled.v6i1.1541
Terbitan  :