IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY USING TIKTOK AT XITH OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL 4 BUNGO

Mona Alawayiah ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Penelitian ini membahas permasalahan siswa di SMK Negeri 4 Bungo. Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa dan guru dalam pembelajaran bahasa inggris khususnya dalam memperkaya kosakata, karena dari observasi yang telah dilakukan peneliti, kosakata yang diketahui siswa sangat sedikit sehingga sangat mempengaruhi siswa ketika ingin melanjutkan pelajaran. Peneliti memilih Tik Tok sebagai media pembelajaran di SMKN 4 Bungo karena aplikasi TikTok dapat diolah menjadi sebuah media pembelajaran yang menarik dan interaktif bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan membantu pemberdayaan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran di sekolah. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus tindakan. Siklus pertama terjadi pada hari Senin tanggal 17 Juli 2023 dan tanggal 24 Juli 2023; siklus II terjadi pada hari senin tanggal 31 Juli 2023 dan tanggal 7 Agustus 2023. Subyek penelitian ini berjumlah 11 siswa yang terdiri dari 3 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki kelas XI MM SMKN 4 Bungo. Berdasarkan hasil penelitian dari pre-test yang dilakukan sebelum treatment, hanya 2 siswa yang mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah peneliti melakukan siklus 1 dan menerapkan treatment, kemudian melakukan post-test, diperoleh hasil 6 siswa yang mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dan pada siklus 2 terdapat 9 orang yang mendapat nilai di atas KKM. Jadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari pre test, siklus I, ke siklus II adalah sebesar 80%. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas dengan menggunakan aplikasi Tik Tok dapat memperkaya kosa kata siswa.

Referensi

Aeborsold, Jo Ann and Marry Lee Field. (1997). From Reader to Reading Teacher.

Cambridge University Press.

Akhmad Sudrajat. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Anggi E Pratiwi, Naura N Ufairah and Riska S Sopia. (2021). “TikTok as Media to Enchancing the Speaking Skill of EFL Students’.” Journal Procedings International Conferense on Education of Suryakancana (July 2018): 372– 82.

Aqib. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka cipta. Arsyad, Azhar. (2010). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Asrori, A.,& Rusman, R. (2020) Classroom Action Research: Pengembangan Kompetensi guru

Bashir, Mahrukh. (2017). Buku Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI. Jakarta, Kemendikbud RI

Berne, J. I., & Blachowicz, C. L. (2008). What reading teachers say about vocabulary instruction: Voices from the classroom. The reading teacher, 62(4), 314-323.

Bihani, P., & Patil, S. T. (2014). A comparative study of data analysis techniques. International journal of emerging trends & technology in computer science, 3(2), 95-101.

Burns, A. (1999). Collaborative action research for English language teachers.

Cambridge University Press.

Burton, S. H., & Humphries, J. A. (1992). Mastering English Language. Macmillan.

Celce-Murcia, M. (2001). Teaching English as a second or foreign language. (3rd ed).

Coxhead, Averil. (2006). Essential of teaching academic vocabulary. United States: Thomson Heinle

Creswell, J. W. (2002). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative (Vol. 7). Prentice Hall Upper Saddle River, NJ.

Criticos, C. (1996). Media selection. Plomp, T., & Ely, DP (Eds.): International Encyclopedia of Educational Technology.

Dakhi, S., & Fitria, T. N. (2019). The principles and the teaching of English vocabulary: A review. Journal of English teaching, 5(1).

Dewanta, Aanbj. (2020). “Pemanfaatan Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia 9(2): 79–85.

Hadfield, Jill. And Charles. (2008). Introducing to Teaching English. Oxford University Press.

Hariyadi, S. (2014). Bertanya, pemicu kreativitas dalam interaksi belajar. BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science dan Pendidikan, 3(2), 143-158.

Hatch, E., & Brown, C. (1995). Vocabulary, semantics, and language education. Cambridge University Press, 40 West 20th Street, New York, NY 10011- 4211 (hardback: ISBN-0-521-47409-4; paperback: ISBN-0-521-47942-8).

Herlisya, D., & Wiratno, P. (2022). Having Good Speaking English through Tik Tok Application. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature, 1(3), 191-198.

Hornby, A. S. (1995). English Oxford Advanced Learner's Dictionary.

Ibrahim, H.,Sihkabuden, Suprijanta, & Kustiawan, U. (2001). Media Pembelajaran: Bahan sajian Program Pendidikan Akta Mengajar. FIP.UM.

Jamalipour, S., & Farahani, A. A. K. (2015). The effect of vocabulary knowledge and background knowledge on Iranian EFL learners’ L2 reading comprehension. Journal of Applied Linguistics and Language Research, 2(2), 107-121.

Kurt Lewin M. Keller, (1990). Instructional Design Theory and Models : An Overview of Their Current Status, Charles M. Regeluth (ed), Lawrence Erlbaum Associates, London

Lo Dico, G., Fasullo, P., Dones, F., Barreca, P., & Pollina, A. (2006). Trattamento medico della gravidanza ectopica diagnosticata precocemente: nostra esperienza. Giornale italiano di ostetricia e ginecologia, 28(5), 225-229.

Mauriza, L., & Siregar, N. (2022). The Analysis of Students’ Vocabulary Mastery Who Are Using Tiktok Application. Education & Learning, 2(2), 154-158.

National, P. (1990). Teaching and Learning Vocabulary. Newbury House. Putwanto, N. (2010). Prinsip-prinsip dan teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung:

PT. Remaja Rosdakarya.

Rahman, M. S. (2021). Analysis Regression

Xu, L., Yan, X., & Zhang, Z. (2019). Research on the causes of the “TikTok” app becoming popular and the existing problems. Journal of advanced management science, 7(2).

Yusrina, A., & Bima, L. (2020) Classroom Observation Tool for Assessing the Dimensions of Teaching Practices (CERDAS). Jakarta. The SMERU Research Institute

Zuhri, M. (2017). Sentiment Analysis of Opinions on the Use of Devices in Students Using the Support Vector Machine (SVM) Method. Jurnal Ilmiah.

And Path Model: The Influence Both Instagram And Tiktok In Improving Students’vocabulary. Sketch Journal: Journal of English Teaching, Literature and Linguistics, 1(1), 10-22.

Recycle Your Tec. (2022). What is the most downloaded Application in the World?, https://www.recycleyourtec.com/what-is-the-most-downloaded- application-in-the-world/

Richards, J. C., Richards, J. C., & Renandya, W. A. (Eds.). (2002). Methodology in language teaching: An anthology of current practice. Cambridge university press.

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (1987). Approaches and methods in language teaching. Approaches and Methods in language teaching, 44-63.

Shi, Y., & Chung, J. H. (2019). A study on video content application based on mobile device platform in China. Journal of Digital Convergence, 17(10), 433-438.

Thornbury, S. (2006). How to teach vocabulary. Pearson Education India.

Van, L. K., Dang, T. A., Pham, D. B. T., Vo, T. T. N., & Pham, V. P. H. (2021).

The effectiveness of using technology in learning English. AsiaCALL Online Journal, 12(2), 24-40.

Warini, N. L., Dewi, N. P. E. S., Susanto, P. C., & Dewi, P. C. (2020). Daya Tarik Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Online. Sinesa Prosiding, November, 27–34.

Willis, S. S. (2003). Peran guru sebagai pembimbing. Mimbar Pendidikan: Jurnal Pendidikan


Keywords  :  
Kata Kunci: Improving Vocabulary, Vocabulary, TikTok Peningkatan Kosakata, Kosakata, TikTok
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-01-03
Cara Mengutip  :  
Alawayiah, M. (2024). IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY USING TIKTOK AT XITH OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL 4 BUNGO. Journal Of Language Education and Development (JLed), 6(1), 17–28. https://doi.org/10.52060/jled.v6i1.1495
Terbitan  :