Peningkatan Motivasi Siswa dalam Belajar Kosa kata dengan Menggunakan Video Buatan Sendiri di SMP 1 Muara Bungo

STUDENTS MOTIVATION IN LEARNING VOCABULARY

Sri wahyuni ( SMP Negeri 1 Muara Bungo )

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kosa kata belajar siswa dengan menggunakan lagu yang dibuat sendiri. Metode yang digunakan adlah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data dari penelitian ini akan dianalisis dengan menggunakan dua metode analisis data. Analisis data kuantitatif digunakan untuk memeriksa dan menginterkrip data dari tugas dan tes berbicara. Data yang diambil dari observasi, catatan lapangan dan wawancara akan dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif. Lagu memberikan efek positif untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Penggunaan lagu ini juga memberikan pengalaman belajar yang berbeda bagi siswa, membangun kepercayaan diri siswa, membuat siswa tertarik pada kelas bahasa Inggris, mengurangi kecemasan mereka, dan membuat mereka lebih bahagia. Dari penelitian ini terbukti bahwa penggunaan lagu dalam belajar lebih efektif daripada metode konvensional. Dengan menerapkan lagu ini, siswa lebih kreatif dalam memperbarui pembelajaran untuk menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik terutama kosa kata. Selain itu, lagu dapat membuat proses belajar mengajar lebih mengasikkan dan menyenangkan.


Keywords  :  
Kata Kunci: Improving, Motivation, Vocabulary, Video Peningkatan, Motivasi, Kosa Kata, Video
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-07-31
Cara Mengutip  :  
wahyuni, S. (2019). Peningkatan Motivasi Siswa dalam Belajar Kosa kata dengan Menggunakan Video Buatan Sendiri di SMP 1 Muara Bungo: STUDENTS MOTIVATION IN LEARNING VOCABULARY. Journal Of Language Education and Development (JLed), 1(2), 142–148. https://doi.org/10.52060/jled.v1i2.142
Terbitan  :