AN ANALYSIS OF TEACHERS’ STRATEGIES IN TEACHING ENGLISH SPEAKING SKILL AT SMA NEGERI 1 BUNGO

Duriyah duriyah ( universitas muhammadiyah muara bungo )

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi strategi guru dalam mengajarkan bahasa ingrris kemampuan berbica di SMA N 1 Bungo. berbicara adalah dibuthkan oleh siswa untuk mencapai target mereka dan mereka bisa lancar dalam berbicara. untuk mencapai target pembelajaran, guru membuthkan strategi yang bagus dan menarik untuk membuat siswa lebih mudah mengerti tentang pelajaran tersebut.

Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan lembar observasi dan wawancara berdasarkan tiga teori ahli. Mereka adalah killian (1999). Leo (2013), Ajaniputa (2013). Observasi adalah untuk mengidetifikasi strategi yang digunakan oleh guru and wawancara adalah untuk mengumpulkan data tentang alas an guru memlih strategi tersebut.

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptip kualitatif dengan pendekatan phenomena. Penelitian deskriptip kulitatif dengan pendekatan phenomena adalah untuk mendeskripsikan tentang pengalaman guru dalam mengajar bahasa inggris kemampuan berbicara di SMA N 1 Bungo. hasil menunjukkan bahwa guru-guru menggunakan 9 strategi in mengajar kemampuan berbicara. Ada praktik kelancaran, menceritakan dan menunjukkan, bertanya untuk memeriksa pemahaman, mengatur tujuan yang jelas, mengajar strategi tidak hanya isi, and buat pendapatmu. Sebagai tambahan, praktik kelancaran menjadi strategi yang paling sering digunakan oleh guru karena berbicara membutuhkan praktik untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Keyword: Berbicara, Guru, Strategi-Strategi Guru

Referensi

Aat jannatun (2013). A Study On Strategies For Teaching Speaking And Reading Comprehension Skills.{thesis} Language Education, Postgraduate Program Ganesha University of Education Singaraja, Indonesia.
Anjaniputra, A. G. (2013). Teacher’s Strategies in Teaching Speaking to Students at Secondary Level in Sumedang. Journal of English and Education 2013, 1(2), 1-8.
Arikunto, S. (2002). Metodologi penelitian suatu pendekatan proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Brown, H. G. (2001). Teaching by principles: interactive approach to language Pedagogy. New York: San Fransisco State University.
Creswell, John W (2009), Research Design: Qualitative and Quantitative Approach. California: Sage Publication: 1994
Esterberg, (2002) Kristin G; Qualitative Methods in Social Research, Mc Graw Hill, New York,
Gay, L.R and Airasian, P. (2000). Educational Research: Competences For Analysis and Application. New York; Prentice Hell
Graham, S., & Harris, K. R. 2007. Best Practices in Teaching Planning. In Graham, S., Macarthur, A., & Fitzgerald, J (Eds.), Best Practices in Writing Instruction. 119-140. New York, NY: The Guilford Press.
Gibbon. (2002). Public speaking for college and carreer. New York: McGraw-Hill Publishing Company.
Gibbons, P. (2002). Scaffolding Language Scaffolding Learning: Teaching Second Language Learners in the Mainstream Classroom. USA, Portsmouth: Heinemann
Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching. (4th ed.). Longman: Pearson. Education.
Hancock, J. (1999). The Explicit of Teaching Reading. Adeleide, South Australia: The International Reading Association
Johnson, Elaine. (2007). Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: MLC.
Kayi, H. (2006). Teaching Speaking: Activities To Promote Speaking in a Second Language . (Online), June 26th 2008.
Kindsvatter, Richard, William Willen& Margaret Ishler, 1996. Dynamics of Effective Teaching, Newyork: loungman publishers USA.
Killian, S.(2015). Top 10 Evidence Based Teaching Strategies. http://www.evidencebasedteaching.org.au/evidence-based-teaching-strategies/ (diakses May 2017).
Leo, R.A. (2013) Effect Of Cooperative Learning Strategies On Students Verbal Interactions And Achievement During Conceptual Change Instruction In 10th Grade General Science. Journal Of Research In Science Teaching. 30 (9), hlm 1087-1101.dykstra, D.I. et al (1995). “Studying Conceptual Change in Learning English”. Journal of science Education, 76, (6), 615-652.
Moore, Kenneth D.(2001). Effective Instructional Strategies. New York: Sgae Publication, innc
Murcia, M. D (2000) Teaching Through Text: A Content Literacy Approach To Content Area Reading. White Plains, NY : Longman.
Nasution . 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar. Cetakan keduabelas. Jakarta : Bumi Aksara
Nunan, David (2003), Practical English Language Teaching, New York: Mc Graw-Hill,
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Cet. XXII; Bandung: Alfabeta. 2015.
SandjajaS.(2005). The effective of reading strategies. http://www.evidencebasedteaching.org.au/evidence-based-teaching-strategies/ (diakses May 2017).
Tyson, S. (2015). Essential For Human Management: Butterworth-Heinennann is an imprint of Elsevier.
Ur, Penny. (1991). A Course in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
Vandergrift, L. (1999). Facilitating Second Language Listening Comprehension: Acquiring Successful Strategies. ELT Journal, 53(3), 168-17.

Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-08-25
Cara Mengutip  :  
duriyah, D. (2023). AN ANALYSIS OF TEACHERS’ STRATEGIES IN TEACHING ENGLISH SPEAKING SKILL AT SMA NEGERI 1 BUNGO. Journal Of Language Education and Development (JLed), 4(2), 24–38. https://doi.org/10.52060/jled.v4i2.1397
Terbitan  :