PENINGKATAN KEMAMPUAN DASAR TATA BAHASA INGGRIS DENGAN PERMAINAN PAPAN

MASTERING BASIC ENGLISH GRAMMAR THROUGH BOARD GAMES

Susi Susanti, Winda Trisnawati ( STKIP MB )

Abstrak

Tata bahasa merupakan inti dari pembelajaran bahasa. Tatabahasa juga merupakan salah satu aspek bahasa yang sulit untuk diajarkan. Guru biasanya mengajarkan tatabahasa dengan menjelaskan formula dan aturannya kemudian menyuruh siswa untuk mengulangnya. Cara mengajar ini membosankan bagi siswa. Sebenarnya guru bisa mengajar tatabahasa melalui permainan. Ada sebuah permainan yang dapat mendukung pembelajaran tatabahasa yang disebut dengan permainan papan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan tatabahasa dasar siswa melalui permainan papan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian telah dilaksanakan dalam dua siklus. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester dua pada program studi Pendidikan Bahasa Inggris di STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Mereka dipilih melalui teknik total sampling. Data penelitian diperoleh melalui test tatabahasa dan wawancara. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan papan dapat meningkatkan pemahaman dasar mahasiswa tentang tatabahasa. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan nilai mahasiswa. Selanjutnya, mahasiswa memberikan respon yang positif terhadap penggunaan permainan papan dalam pembelajaran tatabahasa.


Keywords  :  
Kata Kunci: Grammar, board game, Action Research Tata Bahasa, permainan papan, PTK
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-07-31
Cara Mengutip  :  
Winda Trisnawati, S. S. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN DASAR TATA BAHASA INGGRIS DENGAN PERMAINAN PAPAN: MASTERING BASIC ENGLISH GRAMMAR THROUGH BOARD GAMES. Journal Of Language Education and Development (JLed), 1(2), 149–157. https://doi.org/10.52060/jled.v1i2.137
Terbitan  :