USING PPP (PRESENTATION, PRACTICE AND PRODUCTION) STRATEGY ON SPEAKING ACHIEVEMENT

STRATEGY ON SPEAKING ACHIEVEMENT

Darmawan Budiyanto ( Bahasa inggris )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dalam pencapaian berbicara dalam teks Recount antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan PPP (presentasi, praktek dan produksi) strategi dan mereka yang tidak. Ada 66 siswa kelas delapan SMP Negeri 2 Palembang yang terlibat dalam kajian ini sebagai contoh. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, kelompok eksperimental terdiri dari 33 siswa dan kelompok kontrol terdiri dari 33 siswa. Untuk sampel, penulis memilih kelas VIII 7 sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII 6 sebagai kelompok eksperimental. Metode studi ini digunakan metode quantitavie dengan quasi desain eksperimental. Kelompok eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan PPP (presentasi, praktek dan produksi) strategi sementara itu kelompok kontrol yang diajarkan dengan menggunakan Strategi diskusi. Hasil menunjukkan bahwa nilai rata kelompok eksperimental meningkat dari 68,182 dalam Pretest untuk 81,515 di posttest. Selanjutnya, hasil dari independen t-Test dari kelompok eksperimental dan kontrol menunjukkan bahwa t-diperoleh adalah 2,346 dan itu lebih tinggi dari t-tabel 1,669. Kesimpulannya, bahwa ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajarkan menggunakan PPP (presentasi, praktek dan produksi) strategi dan siswa yang tidak.


Keywords  :  
Kata Kunci: speaking achievement, PPP (Presentation, Practice and Production), strategy Pencapaian berbicara, PPP (presentasi, praktek dan produksi), strategi
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-07-25
Cara Mengutip  :  
Budiyanto, D. (2019). USING PPP (PRESENTATION, PRACTICE AND PRODUCTION) STRATEGY ON SPEAKING ACHIEVEMENT: STRATEGY ON SPEAKING ACHIEVEMENT. Journal Of Language Education and Development (JLed), 1(2), 81–91. https://doi.org/10.52060/jled.v1i2.133
Terbitan  :