ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Tri Wiyoko ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo  --  https://orcid.org/0000-0002-0470-5345 )
Munfa'ati Munfa'ati ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dan pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA untuk peserta didik kelas V di SDN. No 25/VI Tanjung Ilir Kecamatan Tabir I Kabupaten Merangin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eskperimen semu (quasi-eksperimen) dengan rancangan penelitian dengan menggunakan One Shot-Case Study. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi pendidik dan peserta didik serta soal tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT) untuk pendidik sebesar 93,75% dengan kategori sangat baik. Selanjutnya untuk penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT) pada peserta didik sebesar 37,9% yang berkategori sangat baik dan peserta didik yang berkategori baik sebesar 58,7%. Nilai rata-rata yang diperooleh peserta didik sebesar 78 dengan ketuntasan 73%. Hubungan keterlaksanaan model Number Head Together (NHT) dengan hasil belajar IPA diperoleh nilai (rs) sebesar 0,545 dengan tingkat hubungan sedang. Uji signifikansi didasarkan dari nilai rshitung (0,545) > rtable (0,375) maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya adanya hubungan antara keterlaksanaan proses belajar dengan model NHT dengan hasil belajar IPA peserta didik di kelas V. berdasarkan hasil analisis penelitian bahwa model pembelajaran Number Head Together (NHT) telah dilaksanakan dengan baik sehingga memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA di kelas V sekolah dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Athiya,U., Untari, M.F.A., Tsalatsa, A N. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Media Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. International Journal of Elementary Education. Volume 3, Number 1, Tahun 2019, pp. 46-52

Ernawati, M. D. W., Haryanto, H., & Nababan, S. C. (2018). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom di Kelas X SMKN 3 Kota Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry (On Progress), 9(1), 45-53.https://doi.org/10.22437/jisic.v9i1.5085

Lubis, D F., Mashudi, M., Khomas, K. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Tipe Nht Dalam Meningkatkan Daya Ingat Dan Hasil Belajar Siswa. Proceedings International Conference on Teaching and Education (ICoTE) Vol. 2 No. 2 (2019

Mahardi, H. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipenumbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vd SDN 184 PEKANBARU. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Volume 3 Nomor 2, Oktober 2014

Sagala, Syaiful. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Sudewiputri, M. P., & Dharma, I. M. A. (2021). Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 427–433.https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38900

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan. Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara


Keywords  :  
Kata Kunci: Number Head Together (NHT), IPA Number Head Together (NHT), Science
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-12-01
Cara Mengutip  :  
Wiyoko, T., & Munfa'ati, M. (2022). ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 238–243. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.990
Terbitan  :