PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR
Abstrak
Peserta didik kelas VI SDN Tanah Tinggi 4 Kota Tangerang pada umumnya, menganggap Ilmu Pengetahuan Alam adalah ilmu yang menarik untuk dipelajari namun pemahaman Peserta didik kelas VI terhadap materi pembelajaran IPA masih kurang memuaskan, masih rendahnya hasil belajar IPA sangat dimungkinkan karena penggunaan metode pembelajaran yg kurang tepat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran kontekstual dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar IPA Peserta didik kelas VI Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Peserta didik kelas VI SDN Tanah Tinggi 4 pada tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 48 orang Peserta didik, sampel penelitian adalah Peserta didik kelas VI SDN Tanah Tinggi 4 Kota Tangerang berjumlah 48 orang. Variabel independent dalam penelitian ini adalah pembelajaran kontekstual dan kecerdasan interpersonal, sedangkan variabel independen adalah hasil belajar IPA. Pengukuran variabel kecerdasan interpersonal menggunakan angket dengan 30 butir pernyataan, sedangkan pengukuran hasil belajar menggunakan tes hasil belajar IPA berbentuk pilihan ganda yang terdiri dari 40 soal. Analisis data menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur serta dilanjutkan dengan uji Tukey. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara Peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan Peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah; (2) Terdapat pengaruh interaksi pembelajaran kontekstual dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar IPA Peserta didik kelas VI di SDN Tanah Tinggi 4; (3) Terdapat perbedaan yang signifikan tentang hasil belajar IPA antara Peserta didik yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan Peserta didik yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah; (4) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan tentang hasil belajar IPA Peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kontekstual dan memiliki kecerdasan interpersonal rendah dengan hasil belajar IPA yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah.
Unduhan
Referensi
Auliyati, Y & Hasanah, U., (2015). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas V SD Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JIPGSD), Vol 7 No 1 (2015)
Hikmah, N & Eva, L.M., (2021). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, Vol 7 No 1 (2021)
Johnson, E. B (2009). Contextual Teaching and Learning. Bandung : Kaifa
Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Refika Aditama
Zahra, P., Gresinta, E., & Pratiwi, R.H. (2021). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Biologi. EduBiologia Volume 1 No 1 Januari 2021
Keywords | : |
Kata Kunci:
Kontekstual, PBL, Kecerdasan Interpersonal, Hasil Belajar Contextual, PBL, Interpersonal Intelligence, Learning Outcomes
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2022-12-01
|
Cara Mengutip | : |
dewi, linda sari, Hidayat, S., & Sukmayadi, D. (2022). PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 356–362. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.497
|
Terbitan | : |