IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (K13) SMP NEGERI 2 SAROLANGUN
Abstrak
Artikel ini berisi tentang laporan penelitian implementasi Kurikulum 2013 (K 13) di SMP Negeri 2 Sarolangun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi K 13 dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kurikulum tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan tiga instrumen utama; observasi, wawancara dan dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Negeri 2 Sarolangun merapkan K 13 melalui 3 tahapan yaitu sosialisasi, persiapan guru, dan pemberian fasilitasi. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaaan K 13 dibagi menjadi dua faktor, diantaranya adalah faktor pendukung dan faktor penghambat. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa semua komponen termasuk pemerintah, sekolah, guru, orang tua, siswa, dan stake holder harus tertarik dan mendukung pelaksanaan K 13 di SMP Negeri 2 Sarolangun
Unduhan
Keywords | : |
Kata Kunci:
Implementation, K 13, SMP Implementasi, K 13, SMP
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2018-11-02
|
Cara Mengutip | : |
FUSSALAM, Y. E., & -, E. (2018). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (K13) SMP NEGERI 2 SAROLANGUN. Jurnal Muara Pendidikan, 3(1), 45–55. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/mp/article/view/49
|
Terbitan | : |