ANALISIS STATISTICAL LITERACY MAHASISWA MENGGUNAKAN SOAL TES TERINTEGRASI ISU PENDIDIKAN INDONESIA SEBAGAI WUJUD PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Zulqoidi R. Habibie ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia  --  https://orcid.org/0000-0001-6495-1364 )
Sundahry Sundahry ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia )
Masnia Masnia ( Universitas Media Nusantara Citra Jakarta, Indonesia )
Tasa Amanda ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan Statistical Literacy (SL) menggunakan Soal Tes Kemampuan Statistical Literacy yang terintegrasi Isu Pendidikan Indonesia melalui pendekatan kontekstual. jenis penelitian deskriptif kuantitatif terhadap 116 mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah (PGSD) Universitas Muhammadiyah Muara Bungo. Pengumpulan data melalui penyebaran Soal Tes yang dianalasis secara deskriptif sedangkan Teknik wawancara membantu peneliti untuk menggali informasi lebih dalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa masih rendah dalam kemampuan Statistical Literacy Hasil tersebut dapat dilihat dari 75% mahasiswa yang memperoleh skor dibawah 60 dan 25% mahasiswa yang memperoleh skor diatas 60 pada tes kemampuan Statistical Literacy. Kemudian dapat dilihat dari rata-rata kemampuan mahasiswa menyelesaikan soal tes SL berdasarkan Indikator yaitu 71,33% pada indicator 1, 53,16% pada indicator 2, dan 57,18% pada indicator 3, sedangkan rata-rata mahasiswa yang mampu menyelesaikan soal SL adalah 28,67% pada indicator 1, 46,84% pada indicator 2, dan 42,82% pada indicator 3. Berdasarkan wawancara mendalam, peneliti melihat factor utama masih rendah kemampuan SL mahasiswa karena belum menguasai statistik deskriptif, kemudian factor utama mahasiswa mampu menyelesaikan soal SL adanya pendekatan Isu Pendidikan Indonesia. Dari penelitian ini, peneliti menyarankan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut yang dapat meningkatkan kemampuan SL mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran, pengembangan model pembelajaran atau penerapan strategi pembelajaran untuk menyelesaikan Soal SL.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Batur, A., & Baki, A. (2022). Examination of the Relationship between Statistical Literacy Levels and Statistical Literacy Self-Efficacy of High School Students. TED EĞİTİM VE BİLİM, 47(209), 171–205. https://doi.org/10.15390/EB.2022.9970

Budgett, S., & Renelle, A. (2023). Statistical Literacy – the Golden Rules A Review of Tim Harford’s The Data Detective: Ten Easy Rules to Make Sense of Statistics. The Mathematics Enthusiast, 20(1–3), 256–265. https://doi.org/10.54870/1551-3440.1612

Callingham, R., & Watson, J. M. (2017). The Development of Statistical Literacy at School. Statistics Education Research Journal, 16(1), 181–201. https://doi.org/10.52041/serj.v16i1.223

Farida, N., & Ratnawuri, T. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbantu Flipbook Pada Mata Kuliah Statistik. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 0(0), 0–00.

Habibie, Z. R., & Hidayat, P. W. (2022). Analisis Peningkatan Literasi Statistik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan Berbasis The Statistical Process. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 156–164. https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.788

Hariyanti, F., & Wutsqa, D. U. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran statistika dan peluang untuk mengembangkan statistical literacy siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 46–58. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.14997

Kemendibud-Ristek. (2015). Mendikbud Luncurkan Gerakan Literasi Sekolah. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2015/08/mendikbud-luncurkan-gerakan-literasi-sekolah-4514-4514-4514

Kemendikbud, S. G. L. S. (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. In Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud RI (2nd ed.). Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud RI. https://training.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/217

Khaerunnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2017). Profil Kemampuan Literasi Statistis Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 246. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.970

Koga, S. (2022). Characteristics of statistical literacy skills from the perspective of critical thinking. Teaching Statistics, 44(2), 59–67. https://doi.org/10.1111/test.12302

Lipia, N., & Ovsenik, M. (2020). The Effect of Statistical Literacy on Response to Environmental Change. Organizacija, 53(2), 147–163. https://doi.org/10.2478/orga-2020-0010

Marsitin, R., & Sesanti, N. R. (2021). Pengembangan e-modul statistika matematika berbasis STEM. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 129–140. https://doi.org/10.26594/jmpm.v6i2.2505

McMaster, J. (2022). Statistical Literacy. In Office For Statistics Regulation. https://osr.statisticsauthority.gov.uk/publication/statistical-literacy-research/pages/1/#pid-download-a-pdf-version-of-this-research-report-here

Muñiz-Rodríguez, L. (2020). Deficits in the statistical and probabilistic literacy of citizens: Effects in a world in crisis. Mathematics, 8(11), 1–20. https://doi.org/10.3390/math8111872

Nio, T. H. (2021). COMESc Model Learning Effectiveness To Grow Student ’ s Statistical Thinking Ability. 9(12), 143–152.

Noll, J., Gebresenbet, M., & Glover, E. D. (2015). A modeling and simulation approach to informal inference: Successes and challenges. In The Teaching and Learning of Statistics: International Perspectives. https://doi.org/10.1007/978-3-319-23470-0_19

Nurul Farida, T. R. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbantu Flipbook Pada Mata Kuliah Statistik. Jurnal Lentera Pendidikan, 6(2), 191–195. https://doi.org/10.24127/jlpp.v6i2.1814

Phadke, S., Beckman, M. D., & Morgan, K. L. (2022). Examining the role of context in statistical literacy outcomes using an isomorphic assessment instrument. http://arxiv.org/abs/2205.05608

Poljičak Sušec, M., Jerak Muravec, N., & Stančić, H. (2014). Statistical literacy as an aspect of media literacy. Medijska Istrazivanja, 20(2), 131–153.

Purwadi, I. M. A. (2021). Students’ statistical literacy through lab school car model in STEM activity. Journal of Physics: Conference Series, 1957(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1957/1/012019

Purwanto. (2018). Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikan, Pengembangan dan Pemanfaatan (IV). Pustaka Pelajar.

Rizou, O., Klonari, A., & Kavroudakis, D. (2022). Investigating the Impact and Effectiveness of an ICT-based Teaching Scenario on Secondary School Students’ Geospatial and Statistical Literacy: A Case Study from Greece. European Journal of Geography, 13(3), 50–69. https://doi.org/10.48088/ejg.o.riz.13.3.050.069

Schield, M. (2022). Statistical Literacy Curriculum Design. 54–74. https://doi.org/10.52041/SRAP.04104

Spartanburg Comunity College Library. (2023, January 23). Why are Statistics Important? https://libguides.sccsc.edu/finding-statistics/whyImportant

Susilawati, T., & Rusdinal. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Blended Learning Tematik Terpadu Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 378–387. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2285

Sutherland, M., Fainstein, D., Lesner, T., Kimmel, G. L., Clarke, B., & Doabler, C. T. (2022). Teaching Statistical Literacy and Data Analysis to Students With Mathematics Difficulties. Teaching Exceptional Children, 1–11. https://doi.org/10.1177/00400599221118647

Umbach, G. (2022). Statistical and data literacy in policy-making. Statistical Journal of the IAOS, 38(2), 445–452. https://doi.org/10.3233/SJI-220962

Watson, J., & Callingham, R. (2003). Statistical literacy: A complex hierarchical construct. Statistics Education Research Journal, 2(2). https://doi.org/10.52041/serj.v2i2.553

Wild, C. J., & Pfannkuch, M. (1999). Statistical Thinking in Empirical Enquiry. International Statistical Review, 67(3), 223–248. https://doi.org/10.1111/j.1751-5823.1999.tb00442.x

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090


Keywords  :  
Kata Kunci: Statistical Literacy, Soal Tes, Isu Pendidikan Indonesia, Pendekatan Kontekstual, Mahasiswa Statistical Literacy, Test Questions, Indonesian Education Issues, Contextual Approach, Students
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-07-02
Cara Mengutip  :  
Habibie, Z. R., Sundahry, S., Masnia, M., & Amanda, T. (2024). ANALISIS STATISTICAL LITERACY MAHASISWA MENGGUNAKAN SOAL TES TERINTEGRASI ISU PENDIDIKAN INDONESIA SEBAGAI WUJUD PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 215–220. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.1663
Terbitan  :