ANALISIS STATISTICAL LITERACY MAHASISWA MENGGUNAKAN SOAL TES TERINTEGRASI ISU PENDIDIKAN INDONESIA SEBAGAI WUJUD PENDEKATAN KONTEKSTUAL
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan Statistical Literacy (SL) menggunakan Soal Tes Kemampuan Statistical Literacy yang terintegrasi Isu Pendidikan Indonesia melalui pendekatan kontekstual. jenis penelitian deskriptif kuantitatif terhadap 116 mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah (PGSD) Universitas Muhammadiyah Muara Bungo. Pengumpulan data melalui penyebaran Soal Tes yang dianalasis secara deskriptif sedangkan Teknik wawancara membantu peneliti untuk menggali informasi lebih dalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa masih rendah dalam kemampuan Statistical Literacy Hasil tersebut dapat dilihat dari 75% mahasiswa yang memperoleh skor dibawah 60 dan 25% mahasiswa yang memperoleh skor diatas 60 pada tes kemampuan Statistical Literacy. Kemudian dapat dilihat dari rata-rata kemampuan mahasiswa menyelesaikan soal tes SL berdasarkan Indikator yaitu 71,33% pada indicator 1, 53,16% pada indicator 2, dan 57,18% pada indicator 3, sedangkan rata-rata mahasiswa yang mampu menyelesaikan soal SL adalah 28,67% pada indicator 1, 46,84% pada indicator 2, dan 42,82% pada indicator 3. Berdasarkan wawancara mendalam, peneliti melihat factor utama masih rendah kemampuan SL mahasiswa karena belum menguasai statistik deskriptif, kemudian factor utama mahasiswa mampu menyelesaikan soal SL adanya pendekatan Isu Pendidikan Indonesia. Dari penelitian ini, peneliti menyarankan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut yang dapat meningkatkan kemampuan SL mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran, pengembangan model pembelajaran atau penerapan strategi pembelajaran untuk menyelesaikan Soal SL.
Unduhan
Referensi
Batur, A., & Baki, A. (2022). Examination of the Relationship between Statistical Literacy Levels and Statistical Literacy Self-Efficacy of High School Students. TED EĞİTİM VE BİLİM, 47(209), 171–205. https://doi.org/10.15390/EB.2022.9970
Budgett, S., & Renelle, A. (2023). Statistical Literacy – the Golden Rules A Review of Tim Harford’s The Data Detective: Ten Easy Rules to Make Sense of Statistics. The Mathematics Enthusiast, 20(1–3), 256–265. https://doi.org/10.54870/1551-3440.1612
Callingham, R., & Watson, J. M. (2017). The Development of Statistical Literacy at School. Statistics Education Research Journal, 16(1), 181–201. https://doi.org/10.52041/serj.v16i1.223
Farida, N., & Ratnawuri, T. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbantu Flipbook Pada Mata Kuliah Statistik. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 0(0), 0–00.
Habibie, Z. R., & Hidayat, P. W. (2022). Analisis Peningkatan Literasi Statistik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan Berbasis The Statistical Process. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 156–164. https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.788
Hariyanti, F., & Wutsqa, D. U. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran statistika dan peluang untuk mengembangkan statistical literacy siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 46–58. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.14997
Kemendibud-Ristek. (2015). Mendikbud Luncurkan Gerakan Literasi Sekolah. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2015/08/mendikbud-luncurkan-gerakan-literasi-sekolah-4514-4514-4514
Kemendikbud, S. G. L. S. (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. In Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud RI (2nd ed.). Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud RI. https://training.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/217
Khaerunnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2017). Profil Kemampuan Literasi Statistis Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 246. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.970
Koga, S. (2022). Characteristics of statistical literacy skills from the perspective of critical thinking. Teaching Statistics, 44(2), 59–67. https://doi.org/10.1111/test.12302
Lipia, N., & Ovsenik, M. (2020). The Effect of Statistical Literacy on Response to Environmental Change. Organizacija, 53(2), 147–163. https://doi.org/10.2478/orga-2020-0010
Marsitin, R., & Sesanti, N. R. (2021). Pengembangan e-modul statistika matematika berbasis STEM. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 129–140. https://doi.org/10.26594/jmpm.v6i2.2505
McMaster, J. (2022). Statistical Literacy. In Office For Statistics Regulation. https://osr.statisticsauthority.gov.uk/publication/statistical-literacy-research/pages/1/#pid-download-a-pdf-version-of-this-research-report-here
Muñiz-Rodríguez, L. (2020). Deficits in the statistical and probabilistic literacy of citizens: Effects in a world in crisis. Mathematics, 8(11), 1–20. https://doi.org/10.3390/math8111872
Nio, T. H. (2021). COMESc Model Learning Effectiveness To Grow Student ’ s Statistical Thinking Ability. 9(12), 143–152.
Noll, J., Gebresenbet, M., & Glover, E. D. (2015). A modeling and simulation approach to informal inference: Successes and challenges. In The Teaching and Learning of Statistics: International Perspectives. https://doi.org/10.1007/978-3-319-23470-0_19
Nurul Farida, T. R. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbantu Flipbook Pada Mata Kuliah Statistik. Jurnal Lentera Pendidikan, 6(2), 191–195. https://doi.org/10.24127/jlpp.v6i2.1814
Phadke, S., Beckman, M. D., & Morgan, K. L. (2022). Examining the role of context in statistical literacy outcomes using an isomorphic assessment instrument. http://arxiv.org/abs/2205.05608
Poljičak Sušec, M., Jerak Muravec, N., & Stančić, H. (2014). Statistical literacy as an aspect of media literacy. Medijska Istrazivanja, 20(2), 131–153.
Purwadi, I. M. A. (2021). Students’ statistical literacy through lab school car model in STEM activity. Journal of Physics: Conference Series, 1957(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1957/1/012019
Purwanto. (2018). Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikan, Pengembangan dan Pemanfaatan (IV). Pustaka Pelajar.
Rizou, O., Klonari, A., & Kavroudakis, D. (2022). Investigating the Impact and Effectiveness of an ICT-based Teaching Scenario on Secondary School Students’ Geospatial and Statistical Literacy: A Case Study from Greece. European Journal of Geography, 13(3), 50–69. https://doi.org/10.48088/ejg.o.riz.13.3.050.069
Schield, M. (2022). Statistical Literacy Curriculum Design. 54–74. https://doi.org/10.52041/SRAP.04104
Spartanburg Comunity College Library. (2023, January 23). Why are Statistics Important? https://libguides.sccsc.edu/finding-statistics/whyImportant
Susilawati, T., & Rusdinal. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Blended Learning Tematik Terpadu Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 378–387. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2285
Sutherland, M., Fainstein, D., Lesner, T., Kimmel, G. L., Clarke, B., & Doabler, C. T. (2022). Teaching Statistical Literacy and Data Analysis to Students With Mathematics Difficulties. Teaching Exceptional Children, 1–11. https://doi.org/10.1177/00400599221118647
Umbach, G. (2022). Statistical and data literacy in policy-making. Statistical Journal of the IAOS, 38(2), 445–452. https://doi.org/10.3233/SJI-220962
Watson, J., & Callingham, R. (2003). Statistical literacy: A complex hierarchical construct. Statistics Education Research Journal, 2(2). https://doi.org/10.52041/serj.v2i2.553
Wild, C. J., & Pfannkuch, M. (1999). Statistical Thinking in Empirical Enquiry. International Statistical Review, 67(3), 223–248. https://doi.org/10.1111/j.1751-5823.1999.tb00442.x
Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090
Keywords | : |
Kata Kunci:
Statistical Literacy, Soal Tes, Isu Pendidikan Indonesia, Pendekatan Kontekstual, Mahasiswa Statistical Literacy, Test Questions, Indonesian Education Issues, Contextual Approach, Students
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-07-02
|
Cara Mengutip | : |
Habibie, Z. R., Sundahry, S., Masnia, M., & Amanda, T. (2024). ANALISIS STATISTICAL LITERACY MAHASISWA MENGGUNAKAN SOAL TES TERINTEGRASI ISU PENDIDIKAN INDONESIA SEBAGAI WUJUD PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 215–220. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.1663
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|