IMPROVING STUDENTS' SPEAKING SKILLS USING FLIPACLIP ANIMATION MEDIA AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL

Hesti Ananda ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia )
Nur Habibah ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia )
Diana Oktavia ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia )

Abstrak

Keterampilan berbicara siswa kelas X Akuntansi SMK Setih Setio 2 Muara Bungo masih rendah. Aplikasi Flipaclip adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan sebagai media dalam pengajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penggunaan Apliksi Animasi Flipaclip dan untuk mengetahui bagaimana Flipaclip meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas sepuluh SMK Setih Setio 2 Muara Bungo. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dimana peneliti sebagai pelaksana. Penelitian ini dilakukan di SMK Setih Setio 2 Muara Bungo. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan keterampilan berbicara siswa menggunakan animasi flipaclip. Hal ini terlihat dari hasil lembar observasi yaitu sebesar 76% pada siklus 1 dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 88%. Penggunaan aplikasi animasi flipaclip dapat menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran, menjadikan materi jelas dan mudah dipahami serta hasil hasil belajar siswa pada siklus 20,6%, dan pada siklus kedua sebesar 75,8%.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto. (2010). Metode Peneltian. Rineka Cipta.

Crisianita, S., & Mandasari, B. (2022). The Use Of Small-Group Discussion To Imrpove Students’ Speaking Skill. In Journal Of Research On Language Education (Jorle) (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.33365/jeltl.v3i1.1680

Dael, M., Astarini, S. A., Husnussalam, H., Siliwangi, I., & Com, M. (2019). Improving Speaking Skill Using Group Discussion. Project , 2(4), 466–474.

Kusumawati, I. (2019). Teaching & Literature ISSN. A Journal Of Culture, 19(2). https://doi.org/10.24167/celt.v19i2

Maher, A., & Al Nakhalah, M. (2016). Problems And Difficulties Of Speaking That Encounter English Language Students At Al Quds Open University. Www.Ijhssi.Org

Purwati, D., Dompu, Y., & Restall, G. C. (2023). “Sorry, I Can’t Speak”: English Teachers’ Challenges Of Teaching EFL Speaking In An Indonesian Vocational High School Sector 1. In MEXTESOL Journal (Vol. 47, Issue 1). https://doi.org/10.61871/mj.v47n4-11

Rusmiati Aliyyah, R., Resti Ayuntina, D., Sri Budi Herawati, E., & Suhardi, M. (2020). Using Contextual Teaching And Learning Models to Improve Student's Natural Science Learning Outcomes. In Indonesian Journal Of Applied Research (IJAR) (Vol. 1). https://doi.org/10.30997/ijar.v1i2.50

Sidabutar, Y. A., & Hutagalung, I. S. R. (2022). Flipaclip Animation Media For Improving Speaking Skills Of Elementary School Students. International Journal Of Multidisciplinary: Applied Business And Education Research, 3(10), 2125–2131. https://doi.org/10.11594/ijmaber.03.10.24

Sitorus, H. F., Vaniarisa Sinaga, P., Devi, S., Gaol, L., Imelda, R., Situmorang, O., & Napitupulu, S. (N.D.). Speaking Problems In Vocational High School. International Journal Of Education And Humanities (IJEH), 2(1), 13–23. https://doi.org/10.58557/ijeh.v2i1.41

Suadi. (2019). Improving Students’ English Speaking Skill By Using Their Speaking Video Recording. In SALEE: Study Of Applied Linguistics And English Education (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/10.35961/salee.v1i01.74

Sulon Suban SMPN, T., & Kupang, K. (N.D.). Article Teaching Speaking: Activities To Promote Speaking Skills In Efl Classrooms.


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-06-10
Cara Mengutip  :  
Ananda, H., Habibah, N., & Oktavia, D. (2024). IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILLS USING FLIPACLIP ANIMATION MEDIA AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 17–23. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.1650
Terbitan  :