PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INKUIRI PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Fajar Solidman Larosa ( Universitas Negeri Medan )

Abstrak

Kurangnya sumber belajar dan bahan ajar matematika akan mempengaruhi kualitas Peserta didik dalam kemampuan pemecahan masalah matematis. Untuk mengatasi kendala tersebut digunakan bahan ajar yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD berbasis inkuiri yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development).  Model  pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analyze), design (desain), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Swasta Nupela kelas X-IPA. Tahap analisis adalah menganalisis kebutuhan, kurikulum, dan siswa sebagai acuan pengembangan. Tahap desain menghasilkan desain LKPD untuk pembelajaran matematika. Tahap pengembangan menyatakan bahwa pembelajaran LKPD ini layak digunakan berdasarkan validasi ahli materi sebesar 93,33%, ahli bahasa sebesar 91,11%, dan ahli media sebesar 90%. Tahap implementasi menyatakan uji coba individu menghasilkan 87,08%, uji coba kelompok kecil 88,75%, dan uji coba lapangan 99,25%, menghasilkan hasil kepraktisan LKPD sebesar 91,69%. Tahap evaluasi menyatakan bahwa hasil tes berupa deskripsi 85% kategori sangat baik sehingga LKPD inkuiri memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akbar, S. (2013) Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ali, M. (2009) ‘Pengembangan media pembelajaran interaktif mata kuliah medan elektromagnetik’, Jurnal edukasi@elektro, 5(1), pp. 11–18.

Anita, A., Agustina, R. and ES, Y.R. (2022) ‘Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantu Alat Peraga Pada Materi Peluang’, EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), pp. 98–108. Available at: https://doi.org/10.24127/emteka.v3i1.1429.

Depdiknas (2008) Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Firdaus, M. and Wilujeng, I. (2018) ‘Pengembangan LKPD Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik’, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), pp. 26–40.

Herlina, S. et al. (2021) ‘Pelatihan Desain LKPD dalam Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakter Positif Bagi Guru-Guru Sekolah Menengah/Madrasah di Pekanbaru’, Community Education Engagement Journal, 2(2), pp. 27–34. Available at: https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6561.

Ikhwan, H. (2020) ‘Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Sifat Koligatif Larutan’, Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(4), pp. 113–118.

Kosasih, E. (2018) Strategi Belajar Dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kristyowati, R. (2018) ‘Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Sekolah Dasar Berorientasi Lingkungan’, in. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, ISSN: 2528-5564, 282-287.

Matematika, J.I. and Matematika, P. (2017) ‘PERTAMA Jackson Pasini Mairing Dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Palangka Raya Keywords : mathematical mathematical lecturer problems , solving , solver , Kata kunci : masalah matematika , pemecahan masalah , pemecah masalah , perkuliahan matem’, 9(2), pp. 49–62.

Nadhifah, G. and Afriansyah, E.A. (2016) ‘Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry’, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), pp. 33–44.

Prastowo, A. (2016) Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.

Septian, R., Irianto, S. and Andriani, A. (2019) ‘Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education’, Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), pp. 59–67. Available at: https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56.

Shiomi, A. (2014) 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar. Ruzz Media.

Sugiyono (2022) Metode Penelitian & Pengembangan Research And Development. Bandung: Alfabeta.


Keywords  :  
Kata Kunci: Inkuiri, LKPD, ADDIE Inquiry, LKPD, ADDIE
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-06-01
Cara Mengutip  :  
Larosa, F. S. (2023). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INKUIRI PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 17–24. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1176
Terbitan  :