Kecerdasan Buatan dalam Konteks Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa
Abstrak
Dalam dunia pendidikan integrasi AI dalam kurikulum merdeka dapat menciptakan pengalaman pembelajaran bahasa yang lebih menarik, relevan, dan berdaya guna bagi setiap siswa, yang pada gilirannya berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran bahasa di masa depan di mana kurikulum merdeka menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. subjek dalam penelitian ini yaitu studi Pustaka dengan mencari jurnal yang terindex sinta dengan judul yang relevan dengan penelitian ini. Pendekatan studi pustaka melibatkan pengumpulan data dan informasi dari berbagai sumber perpustakaan, seperti buku referensi, artikel, catatan, dan berbagai jurnal yang terkait dengan permasalahan yang sedang diselidikimetode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif penelitian ini berfokus pada kecerdasan buatan ChatGPT dalam konteks kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa. ChatGPT dalam hal ini digunakan dalam pembelajaran di era kurikulum merdeka, kurikulum yang berpusat pada siswa. Pengunaan ChatGPT bisa dijadikan sebagai salat satu media yang dapat digunakan siswa dalam pembelajaran menulis, memudahkan siswa menemukan ide-ide atau pokok permasalahan namun dalam hal ini peran guru harus tetap ada untuk mengecek kebenaran data yang diberikan karena keterbatasan dan akurasi dalam ChatGPT juga harus dipertimbangkan. Kecerdasan buatan ChatGPT dalam konteks kurikulum merdeka dapat dijadikan salah satu inovasi dalam pembelajaran. Kurikulum merdeka bertujuan untuk meningkatkan literasi, pengetahuan, keterampilan, perspektif, dan penguasaan teknologi. Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan siswa yang paham akan teknologi akan lebih mudah dalam menemukan ide atau topik permasalahan namun hal ini haruslah diiringin dengan pemikiran yang kritis sehingga siswa dan guru tidak menerima secara gamblang dari informasi yang diberikan oleh kecerdasan buatan. Dengan adanya kecerdasan buatan bisa memudahkan siswa dalam menulis namun tetap harus dalam pengawasan guru.
Referensi
Aditya, R. (2022, Juli 6). Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar? Ketahui Penjelasan Keunggulan dan Karakteristik Utamanya. suara.com. https://www.suara.com/news/2022/07/06/064500/apa-itu-kurikulum merdeka-belajar-ketahui-penjelasan-keunggulan-dan-karakteristik-utamanya
Bellei, C., & Munoz, G. (2023). Models of regulation, education policies, and changes in the education system: a long-term analysis of the Chilean case. Journal of Educational Change, 24(1), 49-76.
Guleria, A., Krishan, K., Sharma, V., & Kanchan, T. (2023). ChatGPT: ethical concerns and challenges in academics and research. The Journal of Infection in Developing Countries, 17(09), 1292-1299. https://doi.org/10.3855/jidc.18738
Hidayat, R., Alliyah, S., & Dewi, N. G. (2022). Financial inclusion, intellectual capital, and msmes performance with business age as moderating variable.
Heppy S, A., & Bagja, K. (2022, Juli 6). Kurikulum Merdeka Belajar: Penjelasan, Konsep, Keunggulannya yang Perlu Diketahui. INews.ID. https://www.inews.id/news/nasional/kurikulum-merdeka-belajar penjelasan-konsep-keunggulannya-yang-perlu-diketahui
Karyadi, B. (2023). Pemanfaatan kecerdasan buatan dalam mendukung pembelajaran mandiri. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(02), 253-258.
Khansulivong, C., Wicha, S., & Temdee, P. (2022, January). Adaptive of new technology for agriculture online learning by metaverse: a case study in faculty of agriculture, national university of Laos. In 2022 Joint International Conference on Digital Arts, Media and Technology with ECTI Northern Section Conference on Electrical, Electronics, Computer and Telecommunications Engineering (ECTI DAMT & NCON) (pp. 428-432). IEEE.
Kisno, K., Fatmawati, N., Rizqiyani, R., Kurniasih, S., & Ratnasari, E. M. (2023). Pemanfaatan teknologi artificial intelligences (ai) sebagai respon positif mahasiswa piaud dalam kreativitas pembelajaran dan transformasi digital. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 4(1), 44-56.
Lie, A. (2022, Februari 14). Inovasi Kurikulum Merdeka. kompas.id. https://www.kompas.id/baca/artikel-opini/2022/02/14/inovasi-kurikulum-merdeka.
Lund, B. D., & Wang, T. (2023). Chatting about ChatGPT: how may AI and GPT impact academia and libraries?. Library Hi Tech News.
Muali, C., Wibowo, A., Hambali, H., Gunawan, Z., & Hamimah, I. (2020). Pesantren Dan Millennial Behaviour: Tantangan Pendidikan Pesantren Dalam Membina Karakter Santri Milenial. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 131-146. https://doi.org/10.37758/jat.v3i2.225
Maulida, S. Z., Aidha, F. A., & Khoirunnisa, K. (2023). Psikolinguistik, neurolinguistik, dan metafora kognitif komputer dalam perkembangan bahasa teknologi kecerdasan buatan. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 110-121. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11734
Mubarak, R., & Diantoro, K. (2024). Mempersiapkan siswa smk pgri 4 jakarta menuju revolusi industri 5.0 dengan literasi baca tulis menggunakan chat gpt. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(1), 1-9. https://doi.org/10.53769/jai.v4i1.590
Mulianingsih, F., Anwar, K., Shintasiwi, F. A., & Rahma, A. J. (2020). Artificial intellegence dengan pembentukan nilai dan karakter di bidang pendidikan. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 4(2), 148-154. http://dx.doi.org/10.21043/ji.v4i2.8625
Mustafa, M. N., Hermandra, H., & Zulhafizh, Z. (2019). Teachers’ strategies to design media to implement communicative leaning in public schools. Journal of Educational Sciences, 3(1), 13-24. http://dx.doi.org/10.31258/jes.3.1.p.13-24
Nailus, S., & Hasanudin, C. (2023, November). Implementasi ChatGPT sebagai Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Society 5.0. In Seminar Nasional Daring Sinergi (Vol. 1, No. 1, pp. 593-604).
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran guru dalam menanamkan nilai toleransi pada anak usia dini di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696-1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Purwati, P., Darisman, D., & Faiz, A. (2022). Tinjauan Pustaka: Pentingnya Menumbuhkan Nilai Toleransi dalam Praksis Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3729-3735. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2733
Safar, M. P. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Lembaga Pendidikan Islam Praksis Sekolah Alam School of Universe (SoU) Parung Bogor (Doctoral dissertation, Islamic State University KH Prof. Saifudin Zuhri).
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41-53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Serdianus, S., & Saputra, T. (2023). Peran artificial intelligence ChatGPT dalam perencanaan pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Masokan Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(1), 1-18. https://orcid.org/0000-0003-4504-1781
Subargo, Y. L., Satrio, P., & Abni, S. R. N. (2023). Aktivasi Argumentasi Melalui Model Pembelajaran Provokatif-Interaksial dengan Optimalisasi Kecerdasan Buatan ChatGPT pada Kelas Bahasa Indonesia Mahasiswa Universitas Airlangga. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 420-433. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11777
Suciati, S., Faridi, A., Mujiyanto, J., & Arifani, Y. (2023, June). Artificial intelligence application dalam pembelajaran speaking: Persepsi dan solusi. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 6, No. 1, pp. 1111-1115).
Sufyan, Q. A. Y., & Ghofur, A. (2022). Pemanfaatan Digitalisasi Pendidikan Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 62-71. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i1.6531
Susnjak, T. (2022). ChatGPT: The end of online exam integrity?. arXiv preprint arXiv:2212.09292. https://doi.org/10.48550/arXiv.2212.09292
Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT dalam dunia pendidikan. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 158-166. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248
Syadzili, M.F.R., Hariadi, dkk. (2021). Implementasi dan problematika merdeka belajar. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Veddayana, C., Romadhon, S., Aldresti, F., & Suyono, S. (2023). Rasionalitas implementasi chat gpt dalam pembelajaran keterampilan menulis karya ilmiah. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 443-452. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11778
Keywords | : | |
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-07-18
|
Cara Mengutip | : |
Lindriana Safitri. (2024). Kecerdasan Buatan dalam Konteks Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 167–174. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2139
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|