Perbedaan Gambaran Kecemasan Belajar Matematika Antara Siswa SMA Dengan Siswa SMK Negeri Langkat
Abstrak
Pada Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan gambaran kecemasan belajar matematika siswa SMA dan SMK. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Binjai Langkat jurusan IPA dan SMK Negeri 1 Stabat jurusan Tata Busana dengan sampel masing-masing 27 siswa. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji t. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengukur kecemasan belajar matematika siswa dengan jumlah 38 butir pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA jurusan IPA dan SMK jurusan Tata Busana memiliki tingkat kecemasan belajar matematika yang sedang. Dari hasil analisis data menggunakan uji t menunjukan bahwa tidak ada perbedaan gambaran kecemasan belajar siswa SMA Negeri 1 Binjai Langkat jurusan IPA dengan siswa SMK Negeri 1 stabat jurusan Tata Busana pada pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung 0,070 < ttabel 2.007584 dengan taraf signifikasi 0,945.
Referensi
Hidayat, W., & Ayudia, D. B. (2019). Kecemasan matematik dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
SMA. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 205-214.
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019, February). Pentingnya literasi matematika dan berpikir kritis
matematis dalam menghadapi abad ke-21. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2,
pp. 905-910).
Khoiriyah Siti, P. D. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Terhadap Hasil Belajar
Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 211-214.
Kusumawardani, D. R., Wardono, W., & Kartono, K. (2018, February). Pentingnya penalaran matematika dalam
meningkatkan kemampuan literasi matematika. In Prisma, prosiding seminar nasional matematika (Vol. 1,
pp. 588-595).
Logawe Ringga, M. H. (2021). Profil Disposisi Matematis Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi
Covid-19 Studi Kasus Pada Mahasiswa STKIP Budidaya Binjai. Jurnal Serunai Matematika, 55-61
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar
matematika kelas iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276.
Rais, A. (2020). Kecemasan Matematika Serta Cara Mengatasinya.
Santoso, E. (2017). Mengurangi Kecemasan Mateamtika dengan Bermain Game Logika (Studi Kasus pada Siswa
Sekolah Menengah Kejuruan Galuh Rahyau Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2015/2016). Jurnal
THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2).
Sari, D. P., & Saputri, L. (2018). Pengaruh Model Pembalajaran Kooperatif Tipa Jigsaw Terhadap Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Swasta Swadaya Batang Serangan. Jurnal MathEducation
Nusantara, 1(2), 108-115.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of
Mathematics Education and Science, 2(1).
Sisdaila, I., Harleni, S., & Saputri, L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan
Puzzle Terhadap Hasil Belajar Aljabar Siswa Kelas VII SMP Swasta PAB 13 KW. Begumit. Jurnal
Serunai Matematika, 14(2), 94-99.
Keywords | : | |
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-07-29
|
Cara Mengutip | : |
Siti Nurhayati, Syafitri, D., & Mardiati. (2024). Perbedaan Gambaran Kecemasan Belajar Matematika Antara Siswa SMA Dengan Siswa SMK Negeri Langkat. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 266–271. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2124
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|