Perbedaan Gambaran Kecemasan Belajar Matematika Antara Siswa SMA Dengan Siswa SMK Negeri Langkat

Siti Nurhayati ( a:1:{s:5:"en_US";s:21:"STKIP Budidaya Binjai";} )
Dita Syafitri ( Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Budidaya Binjai, Indonesia )
Mardiati ( Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Budidaya Binjai, Indonesia )

Abstrak

Pada Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan gambaran kecemasan belajar matematika siswa SMA dan SMK. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Binjai Langkat jurusan IPA dan SMK Negeri 1 Stabat jurusan Tata Busana dengan sampel masing-masing 27 siswa. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji t. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengukur kecemasan belajar matematika siswa dengan jumlah 38 butir pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA jurusan IPA dan SMK jurusan Tata Busana memiliki tingkat kecemasan belajar matematika yang sedang. Dari hasil analisis data menggunakan uji t menunjukan bahwa tidak ada perbedaan gambaran kecemasan belajar siswa SMA Negeri 1 Binjai Langkat jurusan IPA dengan siswa SMK Negeri 1 stabat jurusan Tata Busana pada pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung 0,070 < ttabel 2.007584 dengan taraf signifikasi 0,945.

Referensi

Hidayat, W., & Ayudia, D. B. (2019). Kecemasan matematik dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

SMA. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 205-214.

Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019, February). Pentingnya literasi matematika dan berpikir kritis

matematis dalam menghadapi abad ke-21. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2,

pp. 905-910).

Khoiriyah Siti, P. D. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Terhadap Hasil Belajar

Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 211-214.

Kusumawardani, D. R., Wardono, W., & Kartono, K. (2018, February). Pentingnya penalaran matematika dalam

meningkatkan kemampuan literasi matematika. In Prisma, prosiding seminar nasional matematika (Vol. 1,

pp. 588-595).

Logawe Ringga, M. H. (2021). Profil Disposisi Matematis Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi

Covid-19 Studi Kasus Pada Mahasiswa STKIP Budidaya Binjai. Jurnal Serunai Matematika, 55-61

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar

matematika kelas iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276.

Rais, A. (2020). Kecemasan Matematika Serta Cara Mengatasinya.

Santoso, E. (2017). Mengurangi Kecemasan Mateamtika dengan Bermain Game Logika (Studi Kasus pada Siswa

Sekolah Menengah Kejuruan Galuh Rahyau Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2015/2016). Jurnal

THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2).

Sari, D. P., & Saputri, L. (2018). Pengaruh Model Pembalajaran Kooperatif Tipa Jigsaw Terhadap Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Swasta Swadaya Batang Serangan. Jurnal MathEducation

Nusantara, 1(2), 108-115.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of

Mathematics Education and Science, 2(1).

Sisdaila, I., Harleni, S., & Saputri, L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan

Puzzle Terhadap Hasil Belajar Aljabar Siswa Kelas VII SMP Swasta PAB 13 KW. Begumit. Jurnal

Serunai Matematika, 14(2), 94-99.


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-07-29
Cara Mengutip  :  
Siti Nurhayati, Syafitri, D., & Mardiati. (2024). Perbedaan Gambaran Kecemasan Belajar Matematika Antara Siswa SMA Dengan Siswa SMK Negeri Langkat. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 266–271. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2124
Terbitan  :