Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Freedom to Learn di Era Artificial Intelligence
Abstrak
Maraknya keberadaan aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris di dunia maya yang menjurus pada pengusungan konsep Carl Rogers tentang Freedom to Learn telah memotivasi pelaksanaan penelitian ini dengan berfokus pada pengkajian tentang: (1) persepsi Freedom to Learn dalam pembelajaran bahasa Inggris (ELT), (2) penerapan Freedom to Learn dalam ELT di era Artificial Intelligence (AI), dan (3) tantangan penerapannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang ELT berbasis Freedom to Learn di Era AI. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode deskriptif dan studi kepustakaan, metode pengumpulan data dokumentasi, serta triangulasi data sebagai metode analisis datanya. Subyek penelitian adalah repositori data terkait, baik versi cetak maupun digital. ELT berbasis konsep Freedom to Learn di era AI memfokuskan pada pencapaian tujuan pembelajaran dengan memperhatikan kebutuhan siswa, prosesnyapun terfokus pada siswa yang memandang bahwa guru dan siswa adalah sama-sama manusia yang pada dasarnya memiliki karakter baik dan harus diperlakukan secara manusiawi dan diperhatikan keunikan karakteristiknya. Meskipun begitu, tekanan kurikulum tetap membatasi penggunaan aplikasi belajar secara formal. Hasil penelitian ini terbatas sebagai hasil kajian pustaka, untuk itu disarankan kepada para tenaga pendidik atau para peneliti agar melakukan penelitian lebih mendalam lagi terkait pemanfaatan AI dalam ELT berbasis Freedom to Learn.
Referensi
Aghni, L. A., Vianty, M., & Petrus, I. (2020). Character Education in English Subject: Teachers’ Perceptions and Strategies.
JEES (Journal of English Educators Society), 5(2), 127–134. https://doi.org/10.21070/jees.v5i2.420
Ahmad, M. (2021). The Challenges of Teachers in Distance Learning During the Covid-19 Pandemic. Pedagogia Jurnal
Ilmu Pendidikan, 19(03), 206–215. https://doi.org/10.17509/pdgia.v19i3.39395
Culatta, R. (2024). Gestalt Theory (Wertheimer). InstructionalDesign.Org.
https://www.instructionaldesign.org/theories/gestalt/
Farros, H., Shinta, A., Zaid, Z., & Pasca Al Bahy, M. (2022). Evaluating the Effect of EFL College Students’ Intention To
Utilize Mobile English Vocabulary in The Learning Process: A TAM Framework. VELES Voices of English
Language Education Society, 6(1), 91–101. https://doi.org/10.29408/veles.v6i1.5277
Hisako, M., & Suma, S. (2018). Needs Analysis of English for Hospital Nurses. 日本赤十字豊田看護大学紀, 13(1),
–119. https://core.ac.uk/display/267956527?utm_source=pdf&utm_medium=banner&utm_campaign=pdf-
decoration-v1
Hitipeuw, J., & Gatra, S. (Ed. ). (2024, April 4). Kegagalan Pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah dan Perguruan Tinggi
Indonesia. KOMPAS.Com. https://www.kompas.com/edu/read/2024/04/04/104057171/kegagalan-pengajaran-
bahasa-inggris-di-sekolah-dan-perguruan-tinggi?page=all
Jiménes Raya, M., & Vieira, F. (2015). Enhancing Autonomy in Language Education: a Case-Based Approach to Teacher
and Learner Development. Walter de Gruyter.
Jiménez Raya, M., & Vieira, F. (2008). Teacher Development for Learner Autonomy: Images and Issues from Five Projects.
In M. Jiménez Raya & T. Lamb (Eds.), Pedagogy for Autonomy in Language Education: Theory, practice and
teacher education (pp. 283–302). Authentik.
Kartikaningrum, N. I., & IDN TIMES BALI. (2023, September 25). 5 Aplikasi iPhone Belajar Bahasa Inggris Gratis. IDN
TIMES BALI. https://bali.idntimes.com/tech/trend/natalia-indah-kartikaningrum/aplikasi-iphone-belajar-bahasa-
inggris-gratis-c1c2?page=all
Kusumaningrum, H., & Nur Hafida, S. H. (2021). Analisis Literasi Digital Terhadap Karakter Jujur Siswa Selama
Pembelajaran Daring. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(1), 24–35. https://doi.org/10.17509/pdgia.v19i1.32433
Kwasniewski, H. (2023, March 3). What is Gestalt Theory? Theories on Perception, Learning & Art.
https://study.com/academy/lesson/the-gestalt-theory-and-perceptual-development.html
Latifah, H., & Ramadan, Z. H. (2023). Problematika Guru dalam Pemanfaatan Internet sebagai Media Pembelajaran. Jurnal
Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5823–5836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5330
Lutfiansyah. (2016). Penggunaan Aplikasi Mobile Pembelajaran Bahasa Inggris Android pada Pembelajaran Bahasa Inggris
(Pengamatan Terhadap Sumber Belajar Berbasis Android Melalui Media Mobile Smartphone). Eduscience, 2(1),
–22.
Mallisa, I. C. B., & Mbato, C. L. (2023). Analyzing the Impact of Spotify and Wordwall.net on Vocabulary Acquisition: A
Study of non-English major Students’ Preferences. VELES (Voices of English Language Education Society), 7(3),
–674. https://doi.org/10.29408/veles.v7i3.24118
Megawati, F. (2016). Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. Pedagogia :
Jurnal Pendidikan, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.246
Mendikbudristek RI. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor
Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar,
dan Jenjang Pendidikan Menengah (21).
Northrup, D. (2013). How English Became the Global Language. Palgrave Macmillan.
Nurrahmi, Muhayyang, M., & Sakkir, G. (2022). Students’ Perception of the Use of Social Media for Learning English
During Covid 19 Pandemic. Journal of Technology in Language Pedagogy (JTechLP), 1(4), 470–486.
Presiden RI. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Th. 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (20).
Rogers, C. R. (1994). Freedom to Learn (H. J. Freiberg, Ed.; 3rd ed.). Macmillan College.
Sani, R. A. (2014). Inovasi Pembelajaran (Y. S. Hayati, Ed.; 2nd ed.). Bumi Aksara.
Sardiarinto, Sari, A. B. P., Iswahyuni, D., Andriani, A., Saputro, E., & Rapiyanta, P. T. (2021). Rancang Bangun Aplikasi
Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android bagi Guru SDIT Anak Sholeh. Bianglala Informatika, 9(2), 90–94.
Sauri, S., Sulastri, A., Rahman Hakim, A., & Sururuddin, M. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan
Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 8(3), 1167–1173. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3326
Solihin. (2021). Using Mobile-Assisted Language Learning (MALL) to Teach English in Indonesian Context: Opportunities
and Challenges. VELES Voices of English Language Education Society, 5(2), 95–106.
https://doi.org/10.29408/veles.v5i2.3150
Tarpin, L. (2018). Humanisme dan Reformulasi Praksis Pendidikan. In B. Sugiharto (Ed.), Humanisme dan Humaniora:
Relevansinya bagi Pendidikan (pp. 341–360). Jalasutra.
Triyanto. (2020). Peluang dan Tantangan Pendidikan Karakter di Era Digital. Jurnal Civics: Media Kajian
Kewarganegaraan, 17(2), 175–184. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.35476
Virtue, E. E., Root, B., & Lenner, R. (2020). Appreciative Advising as A Mechanism for Student Development. College
Student Affairs Journal, 39(2), 200–213.
Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar.
Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211–221. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/index
Zulfitri, & Nurlaili. (2020). Sebuah Analisa Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Berbicara Bahasa Inggris pada
Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UMN AL – Washliyah Medan, Tahun Pelajaran 2019-2020 (Analisa Studi
Psycholinguistics ). Prossiding Seminar Hasil Penelitian 2019, 580–589.
Keywords | : | |
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-07-29
|
Cara Mengutip | : |
Ni Putu Ratni. (2024). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Freedom to Learn di Era Artificial Intelligence. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 336–343. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2113
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|