Dampak Implementasi Kurikulum Merdeka pada Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar
Abstrak
Seiring berjalannya waktu perubahan kurikulum sering terjadi, seperti saat ini perubahan kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka memberikan berbagai macam dampak. Salah satu dampak yang saya temukan dalam penelitian ini, yaitu sulitnya adaptasi guru senior terhadap perubahan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak implementasi kurikulum merdeka pada proses pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu sekolah dasar di wilayah Kota Surakarta. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan teknik convenience sampling yang berjumlah dua guru. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan studi literatur yang selanjutnya data dikelompokkan dan dianalisis. Analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah dasar di Kota Surakarta tersebut sudah menerapkan kurikulum merdeka dalam kegiatan pembelajaran, walaupun sekolah dan guru masih proses adaptasi. Perengkat pembelajaran dalam penerapan kurikulum merdeka tidak ada ketentuan, sehingga guru bebas mencari referensi dimanapun, yang terpenting sesuai dengan capaian pembelajaran. Sistem penilaian dalam penerapan kurikulum merdeka, guru melakukan penilaian sesuai dengan kemampuan peserta didik
Referensi
Alsubaie, Maerfat Ayesh. 2016. “Teacher Involvement in Curriculum Development.” Journal of Education and Practice 7(9):106–7.
Alwi, Muhammmad Ahkam, Dewi Retno Suminar, and Nur Ainy Fardana Nawangsari. 2020. “Support Related to Schools and School Well-Being: Self Esteem as Mediator.” International Journal of Pedagogy and Teacher Education 4(2):119–25.
Analysis, Curriculum, and O. F. Mpbi. 2022. “Translation Process of Core Values, Vision, and Mission into The Prescribed Curriculum Antonius.” CURRICULUM ANALYSIS OF MPBI 10(1).
Asri, M. 2017. “Dinamika Kurikulum Di Indonesia.” Modelling: Jurnal Program Studi PGMI 4(2):192–202.
Aziza, Nur. 2017. “Jenis Dan Pendekatan Penelitian Penelitian.” Metode Penelitian Kualitatif (17):45–54.
Bahar, Herwina, and Venni Herli, Sundi. 2020. “Merdeka Belajar Untuk Kembalikan Pendidikan Pada Khittahnya.” PROSIDING SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia 115–22.
Daga, Agustinus Tanggu. 2021. “Makna Merdeka Belajar Dan Penguatan Peran Guru Di Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7(3):1075–90.
Dukungan, Hubungan, Keluarga Terhadap, Motivasi Pasien, and Pasca Stroke. 2022. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu).” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4:1707–15.
Edusainstek, Seminar Nasional. 2018. “Penilaian Kompetensi Siswa Abad 21.” Seminar Nasional Edusainstek FMIPA 6–19.
Hamdi, Syahrul, Cepi Triatna, and Nurdin Nurdin. 2022. “Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Pedagogik.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 7(1):10–17.
Haryati, Tri Astutik. 2012. “Kebijakan Merdeka Belajar Dan Implikasinya Terhadap Pengembangan Desain Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 8(2):65–78.
Hermanto, Purba. 2022. “PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR 2022.” Al YAZIDIY: Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Pendidikan 4(2):55–65.
Ihsan, Muhammad. 2022. “Kesiapan Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.” Seri Publikasi Pembelajaran 1:37.
Iramdan, Iramdan, and Lengsi Manurung. 2019. “Sejarah Kurikulum Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 5(2):57–58.
Judithia, Dezara. 2019. “Proses Adaptasi Ikatan Mahasiswa Fakfak Di Kota Bandung.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):54–69.
Jusuf, Heni, and Ahmad Sobari. 2022. “Pembelajaran Paradigma Baru Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ 5(2):185–94.
Manalu, Juliati Boang, Pernando Sitohang, Netty Heriwati, and Henrika Turnip. 2022. “Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar.” Mahesa Centre Research 1(1):80–86.
Nasution, Suri Wahyuni. 2021. “Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 1(1):135–42.
Nurkamto, Joko, and Teguh Sarosa. 2020. “Engaging EFL Teachers in Reflective Practice as A Way to Pursue Sustained Professional Development.” International Journal of Pedagogy and Teacher Education (IJPTE) 4(1):45.
Nurulaeni, Fitria, and Aulia Rahma. 2022. “Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika.” Jurnal Pacu Pendidikan Dasar 2(1):35–45.
Pratiwi, Indah. 2019. “Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 4(1):51–71.
Prehanto, Adi. 2019. “The Existence of Coffee Barista Education in Kota Lumpia(Semarang).” Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology 8(1):17–23.
Prianti, Dkk. 2022. “Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas.” Jurnal Penjaminan Mutu 8:238–44.
Purnawanto, Ahmad Teguh. 2022. “Perencanaan Pembelajaran Bermakna Dan Asesmen Kurikulum Merdeka.” Jurnal Ilmiah Pedagogy 15.1:75–94.
Rachmawati, Nugraheni, Arita Marini, Maratun Nafiah, and Iis Nurasiah. 2022. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(3):3613–25.
Retno Wiratih, Hernawati W., and M. Havidz Aima. 2017. “Teacher as a Transformer of Cognitive and Wisdom for Sustainable Character Development.” Journal of Advance Research in Social Science and Humanities (ISSN: 2208-2387) 3(4):01–11.
Rukayah, Rukayah, Y. Slamet, and Andayani Andayani. 2018. “The Implementation of Cooperative Learning Approach with Multimedia for Children’s Literature Learning at Elementary School in the Characters Building Perspective.” International Journal of Pedagogy and Teacher Education (IJPTE) 2(1):97.
Sari, Erika, and Ady Ferdian Noor. 2022. “Kebijakan Pembelajaran Yang Merdeka: Dukungan Dan Kritik.” Educativo: Jurnal Pendidikan 1(1):45–53.
Sari, Silvi Yulia, Putri Dwi Sundari, Fadhila Ulfa Jhora, and Hidayati Hidayati. 2020. “Studi Hasil Bimbingan Teknis Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad-21 Dalam Rangka Penerapan Program Merdeka Belajar.” Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep) 4(2):189.
Subkhan, E. 2020. “Social Realism Project on Brings Back Knowledge into Curriculum Policy Making.” Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies 8(2):123–27.
Sumantri, Budi Agus. 2019. “Pengembangan Kurikulum Di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21.” At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam 18(1):27.
Susilowati, Evi. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Al-Miskawaih: Journal of Science Education 1(1):115–32.
Triyanti, Tamia, Emi Sulistri, Mertika, and Nurhidayah. 2021. “Analisis Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPS Di Kelas V SDN 04 Singkawang.” Journal of Elemantary School (JOES) 4(2):99–105.
Ulhaq, Zulvikar S., and Rahmayanti. 2020. “Panduan Penulisan Skripsi Literatur Review.” Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang 53(9):32.
Untari, Sri Kis. 2020. “Kreatifitas Guru Dalam Menyongsong Pembelajaran Masa Pandemi Covid- 19.” Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 16(30s):49–53.
Wiguna, I. Komang Wahyu, and Made Adi Nugraha Tristaningrat. 2022. “Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar 3(1):17.
Keywords | : | |
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2023-08-24
|
Cara Mengutip | : |
Jihad, H. A., & Harsono, H. (2023). Dampak Implementasi Kurikulum Merdeka pada Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 1(1), 168–175. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/1252
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|