Peningkatan Keterampilan Berhitung Menggunakan Model PAIKEM Berbantuan Media Visual Raindrop Counting Pada Peserta Didik Kelas II SDN 31/VI Rantau Panjang II

Putri Nabila Rizki ( universitas muhammadiyah muara bungo, Indonesia )
puput wahyu hidayat ( universitas muhammadiyah muara bungo, Indonesia )
Refril Dani ( universitas muhammadiyah muara bungo, Indonesia )

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berhitung matematika peserta didik kelas II SDN 31/VI Rantau Panjang II, Kecamatan Tabir, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Alasan peneliti memilih model PAIKEM berbantuan media visual raindrop counting dalam pembelajaran matematika dengan materi berhiutng adalah diduga dapat meningkatkan keterampilan berhitung peserta didik serta lebih aktif dan kreatif dalam mengikuti pembelajaran matematika dikelas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam siklus-siklus dan akan dihentikan jika sudah memenuhi indicator keberhasilan. Desain penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus dengan model siklus dari Kurt Lewin yang memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Tempat penelitian di kelas II SDN 31/VI Rantau Panjang II, dengan banyak peserta didik 24 orang. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PAIKEM berbantuan media visual Raindrop Counting dapat meningkatkan keterampilan berhitung peserta didik di kelas II SDN 31/VI Rantau Panjang II. Hal ini terlihat dari proses dan hasil keterampilan berhitung peserta didik pada akhir siklus II sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 75. Terlihat pada lembar observasi peserta didik pada siklus I yaitu 62,5% dan pada siklus II 87,5%. Pada lembar observasi pendidik juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 76,5% naik pada siklus II menjadi 93,75%. Pada hasil keterampilan berhitung peserta didik melalui soal tes mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 76 dan siklus II 87,5%. Berdasarkan penelitian di kelas II SDN 31/VI Rantau Panjang II dengan menggunakan model pembelajaran PAIKEM berbantuan media Raindrop Counting pada materi perkalian maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Penerapan model pembelajaran PAIKEM berbantuan media Raindrop Counting ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berhitung pada mata pelajaran matematika. Dari hasil observasi, penerapan model pembelajaran PAIKEM berbantuan media Raindrop Counting dapat terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya perolehan nilai ketika pelaksanaan observasi pendidik dan peserta didik. Terdapat peningkatan keterampilan berhitung peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas II SDN 31/VI Rantau Panjang II dengan menggunakan model pembelajaran PAIKEM berbantuan media Raindrop Counting yaitu dengan melihat tingkat ketuntasan belajar peserta didik pada setiap siklusnya

References

Afidah, Khairunisa. Dalam Darni 2021. Matematika Dasar. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Bambang Kaswanti Purwo. Dalam Darni 2021. Pokok-pokok Pembelajaran Bahasa dan Kurikulum. Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas

Bell, Frederick H. 2021. Teaching and learning mathematics (in secondary school). IOWA: WnC Brown Comp. Publisher

Darni. 2021. Skripsi Keterampilan Berhitung Penjumlahan Menggunakan Media Manik-Manik Warna Siswa Kelas 1 SD Negeri 223 Kampung Baru Sinjai Borong. Universitas Bosowa

Depdiknas. 2019. Model PAKEM.. Jakarta: Mentri Pendidikan Nasional

Heruman. 2017, Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. PT. Remaja Rosda Karya.

Jais. Ernawati. Dkk. 2018. Meningkatkan Keterampilan Berhitung Peserta Didik Pada Operasi Hitung Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Media Kelereng Warna Untuk Kelas II Sekolah Dasar. Unidayan Baubau

Nadhifa Khilyatun. 2019. Peningkatan Keterampilan Berhitung Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Materi Pecahan Siswa Kelas V MI AL HIDAYAH SURABAYA. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Nita Ariani. 2021. Ensiklopedia Matematika. Bogor. Arya Duta.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Raja Grafindo

Sri, Anitah. 2021. Media Pengajaran. Surakarta. UNS Pres

Sri Subarinah. 2021. Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.

Sumatri, Mohammad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran Teori & Praktik di Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta

Wahidin, (salema 2015). Ciri-Ciri PAKEM. Uinsu


Keywords  :  
Keywords: paikem, keterampilan, raindrop counting
Galleys  :  
Published  :  
2024-08-01
How to Cite  :  
Putri Nabila Rizki, wahyu hidayat, puput, & Dani, R. (2024). Peningkatan Keterampilan Berhitung Menggunakan Model PAIKEM Berbantuan Media Visual Raindrop Counting Pada Peserta Didik Kelas II SDN 31/VI Rantau Panjang II. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 455–457. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2331
Issue  :