Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Di Kelas IV SD Negeri 59/II Benit

PERONICA TAMBA ( a:1:{s:5:"en_US";s:37:"Universitas Muhammadiyah Muara Bungo ";} )
randi eka putra ( )
tri wiyoko ( )

Abstract

Motivasi belajar merupakan suatu usaha siswa untuk menyediakan suatu kondisi sehingga siswa tersebut mau melakukan sesuatu, guna mencapai sebuah tujuan pada pembelajaran. Saat ini banyak sekali kita jumpai siswa yang  memiliki motivasi yang rendah sehingga mempengaruhi hasil belajarnya terhadap mata pelajaran Matematika. Matematika sering dianggap siswa merupakan pembelajaran yang hanya mempelajari konsep-konsep. Saat Proses pembelajaran guru hanya mentransfer informasi kepada siswa tanpa model dan media yang variatif, sedangkan siswa hanya duduk diam dan pasif, sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Seorang guru hendaknya dapat memilih model yang tepat digunakan untuk dapat mengatasi permasalahan yang ada di kelas. salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) atau pembelajaran matematika realistik  menekankan pada konteks nyata yang dikenal siswa dan proses kontruksi pengetahuan matematika oleh siswa sendiri, dan sesuai dengan paradigma pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Pada dasarnya matematika sebaiknya diajarkan melalui berbagai masalah yang ada di sekitar siswa dengan memperhatikan usia dan pengalaman yang dimiliki oleh siswa tersebut.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Motivasi dan Hasil  belajar siswa kelas IV SD Negeri 59/II Benit menggunakan model Pembelajaran Realistic Mathematics Education. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini akan dilaksanakan di SD Negeri 59/II Benit pada siswa kelas IV yang berjumlah 10 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Waktu penelitian yaitu di semester genap tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan  model pembelajaran Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 59/II Benit, dibuktikan dengan adanya peningkatan disetiap akhir siklus dalam penelitian baik motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV  SD Negeri 59/II Benit.

References

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta; Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2019. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendiidkan. Yogyakarta: Kencana Prenada.

Sugiono. 2014. Metode Penenlitian Kuantitatif. Bandung: CV Alfabeta

Wijaya, Ariyadi.. 2012. Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wiyoko, dkk. 2022. “Sosialisasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) untuk guru sekoah dasar. Jurnal pengabdian pendidikan masyarakat (JPPM), volume 3, nomor 2, 136.


Keywords  :  
Keywords: motivasi belajar, matematika, hasil belajar, siswa
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-29
How to Cite  :  
PERONICA TAMBA, eka putra, randi, & wiyoko, tri. (2024). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Di Kelas IV SD Negeri 59/II Benit. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 132–139. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2144
Issue  :