Pengaruh Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD (Studi Literatur Riview)

Suryana Rajagukguk ( Universitas Negeri Medan, Indonesia )

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh media pembelajaran animasi Powtoon terhadap hasil belajar matematika siswa Sekolah Dasar (SD) melalui studi literatur. Hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi literatur pendidikan serta panduan praktis bagi praktisi pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat dasar. Metode pendekatan studi literatur digunakan untuk mengeksplorasi dan menganalisis sejumlah penelitian terdahulu yang relevan dengan topik tersebut. Langkah-langkah identifikasi, seleksi, analisis, dan sintesis dilakukan untuk memperoleh gambaran yang komprehensif tentang pengaruh media Powtoon dalam konteks pembelajaran matematika di tingkat SD. Hasil penelitian dari sejumlah artikel yang dianalisis menunjukkan bahwa penggunaan media Powtoon secara signifikan meningkatkan hasil belajar matematika siswa SD. Berbagai metode penelitian, seperti True Experimental Design, One Group Pretest-Posttest Design, dan Posttest Only Group Design, digunakan dalam penelitian-penelitian ini. Data dari penelitian-penelitian tersebut menunjukkan peningkatan yang konsisten dalam rata-rata nilai pretest dan posttest siswa setelah penerapan media Powtoon. Analisis dari penelitian-penelitian yang dilakukan oleh berbagai peneliti menegaskan bahwa penggunaan media Powtoon memiliki dampak positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, terutama dalam pemahaman konsep matematika. Ditemukan bahwa media Powtoon efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, serta memengaruhi kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan strategi pembelajaran yang inovatif dan efektif di era digital. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran animasi seperti Powtoon dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran matematika di tingkat SD. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang juga berperan dalam proses pembelajaran matematika dengan menggunakan media Powtoon

References

Aliyah, A. A., & Purwanto, S. E. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Perkalian Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 921. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.946

Amelia, C., & Manurung, A. S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4346–4355. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2848

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran, Edisi Revisi. PT. Rajagrafindo Persada.

Ashari, I. S. H., & Abdullah, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Powtoon terhadap Kecerdasan Visual Spasial Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. JOTTER: Journal of Teacher Training and Educational Research, 1(2), 53–61.

Kamalia, A., & Rahmadhar, Y. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 362–371. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1564

Kresnandya, T. F. (2020). Pengaruh Media Video Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Sub Konsep Vertebrata. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 28–37. www.powtoon.com.

Nursafiri, M. D., Kusumawati, N., & Retno, R. S. (2022). Pengaruh Model Example Non Example Berbantukan Media Powtoon terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Ibtida, 3(02), 120–129. https://doi.org/10.37850/ibtida.v3i02.321

Olivia, N., Firman, & Desyandri. (2023). Pengaruh Metode Discovery Learning Dengan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2848–2854. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.609

Rahman, A. A., Amry, Z., & Surya, E. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Sekolah Dasar. Universitas Negeri Malang Sabtu, 8(2021), 2023. www.powtoon.com,

Rosiyanti, H., Eminita, V., & Riski, R. (2020). Desain Media Pembelajaran Geometri Ruang Berbasis Powtoon. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 77. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.77-86

Sari, I. Y., & Manurung, A. S. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis animasi powtoon terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas III Sdn Gudang Tigaraksa. Inovasi Penelitian, 2(3), 1015–1024. https://scholar.google.com/citations?user=-ovuGpYAAAAJ&hl=id&oi=ao

Suhendra, I., Enawaty, E., & Melati, H. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media audiovisual Powtoon Terhadap Motivasi dan hasil Belajar Siswa Materi Unsur Senyawa campuran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1–8.

Tiwow, D., Wongkar, V., Mangelep, N. O., & Lomban, E. A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 107–122. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4219


Keywords  :  
Keywords: powtoon, media pembelajaran, matematika, seswa sekolah dasar, hasil belajar
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-29
How to Cite  :  
Suryana Rajagukguk. (2024). Pengaruh Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD (Studi Literatur Riview). PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 383–393. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2107
Issue  :