Pengembangan Media Pembelajaran Jaringan Dasar Berbasis Android Pada Smk Negeri 2 Padang
Abstrak
Perkembangan Teknologi dan Informasi telah merambah bidang pendidikan. Berbagai inovasi terbaru dikembangkan untuk menumbuhkembangkan minat belajar siswa, pengembangan media pembelajaran berbasis Android didukung dengan desain media pembelajaran Adobe Flash Professiol CS6 menggunakan desain UML (UML) untuk menciptakan media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Dengan adanya pengembangan media pembelajaran berbasis android dapat menjadikan alternatif pembelajaran bagi siswa untuk memahami materi berupa media visual. Media pembelajaran berbasis android berupa presentasi, media silent screening, media audio, media audiovisual silent, media audiovisual on/film, media televisi dan multimedia dalam pengembangan. Di SMK Negeri 2 Padang, diperlukan aplikasi media pembelajaran untuk menarik minat siswa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam memahami materi dengan bantuan smartphone berbasis android. Itu akan menjadikan alternatif baru bagi siswa untuk belajar dengan mudah, membaca materi yang disajikan di smartphone siswa.
Referensi
[2] Putu, I-Agus Eka Pratama (2014). Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: Penerbit Informatika.
[3] Sutabri, Tata (2012) Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit CVAndi.
[4] Arsyad, Ashar (2015) Media Pembeajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
[5] Rusman (2012) belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung:Penerbit Alfabeta.
[6] Rusman (2010) Model-model Pembelajaran. Jakarta:Penerbit PT RajaGrafindo Persada
[7] Ayu Rahayu (2016) Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Kelas XII TAV SMK Negeri 2 Solok Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi tidak diterbitan, Padang:Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang.
[8] Azhar Umam, 2016.
Mobile Pocket Bokk Disertai MIND MAP Menggunakan Adobe Flash Professional CS6 Materi Suhu dan Kalori.
ISSN 2557-533X
[9] Taufik Ramadhan, 2014.
Rancang Bangun Aplikasi Mobile Untuk Notifikasi Jadwal Kuliah Berbasis Android (Studi Kasus:STMIK Provinsi Semarang).
ISSN 2087-0868, Volume 5 Nomor 5
[10] Sapto Haryoko, 2009..
Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran.
Vol. 5, No. 1.
[11] Rizqi Sukma Kharisma, 2015.
Perancangan dan Implementasi Aplikasi Mobile Ensiklopedia dan Simulasi Gamelan Kraton Yogyakarta Berbasis Sistem Operasi Android.
ISSN 2302-3805.
[12] Fatma Sukmawati, 2016.
Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Biologi SMP Berbasis Android Untuk Bekal Menghadapi UAN Di SMP Islam Bukti 1 Surakarta.
ISSN 1907-2430 Vol. XI.
[13]Tejo Nurseto, 2011.
Membuat Media Pembelajaran yang Menarik.
Vol 8 No 1
[13] Deni Mahdiana, 2011.
Analisa dan Rancangan Sistem Informasi Pengadaian Barang dengan Meteodolgi Berorientasi Obyek:Studi Kasus PT>LIGA Indonesia.
ISSN 2085-725X
[15]Muhamad Ali, 2009.
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagneti.
Vol. 5, No.1
[14] Mutiana Pratiwi dan Devia Kartika, 2016.
Sistem Informasi Pengelolaan Kegiatan Simpan Pinjam Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI)
ISSN 2502-8774
[15] Cahyani Budhiarti dan Michael Warisai, 2014.
Perancangan Sistem Informasi Wisata Bersejarah di Jabodetabek Berbasis Andoid.
ISSN:2406-7733.
Keywords | : | |
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2023-06-01
|
Cara Mengutip | : |
Afriyani, R., Yanti, V. Y., & Risman, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Jaringan Dasar Berbasis Android Pada Smk Negeri 2 Padang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (JUPTIK), 1(1), 22–28. https://doi.org/10.52060/juptik.v1i1.1207
|
Terbitan | : |