MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TGT PADA MATA PELAJARAN PKN

sri yulias tini ( guru )

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran TGT (Team Games Tournaments) pada mata pelajaran PKn di kelas IX.2 SMPN 6 Muaro Bungo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di kelas IX.2 SMP Negeri 6 Muaro Bungo  pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IX.2 SMPN 6 Muaro Bungo dengan jumlah siswa adalah 28 orang. Karakteristika siswa diantaranya: 17 orang adalah perempuan dan 11 orang adalah siswa laki-laki dengan 7 siswa mempunyai kemampuan akademis tinggi, 10 siswa mempunyai kemampuan akademis sedang, 11 siswa mempunyai kemampuan akademis rendah. Tahapan dalam penelitian mulai dari perencanaan tindakan yang meliputi :penyiapan sarana pendukung, penyiapan instrument penelitian, serta penyiapan sarana refleksi. Setelah perencanaan tindakan, dilakukan pelaksanaan tindakan, dilanjutkan dengan observasi dan diakhiri dengan refleksi. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian diperoleh terjadinya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) dengan rata-rata pada observasi awal adalah 73,1 meningkat menjadi 80,6 pada akhir siklus I. Terjadi peningkatan 7 poin. Penigkatan juga terjadi pada pencapaian KKM yang awalnya 61% pada observasi awal meningkat menjadi 82% di akhir siklus I. Karena keterbatasan waktu penelitian, peneliti menghentikan penelitian pada siklus I.

References

Daniamiseno, R. K. (2019.). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran PPKN. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 22-33.

E, R. S. (2008). Cooperative Learning:Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Komparasi Belajar Antara Siswa Dengan Metode TeamsGames Tournament (TGT) dan Student Teams Achievement Division(STAD). (2006). Semarang: Universitas Negeri Semarang: tidak dipublikasikan.

Mediatati, E. B. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Game Tournaments). Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran.

Mulyasa, E. (2006)). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Permen. (t.thn.). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.2013. Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. .Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Sitorus, M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Sosial Dengan Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Materi Hubungan Internasional di Kelas XII SMAN I Lima Puluh Tahun Pelajaran 2016/2017. Vol 7.

Wiriaatmadja, R. (2010). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Keywords  :  
Keywords: model pembelajaran, Team Games Tournaments, PTK model pembelajaran, Team Games Tournaments, PTK
Galleys  :  
Published  :  
2023-10-06
How to Cite  :  
tini, sri yulias. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TGT PADA MATA PELAJARAN PKN. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 2(1), 21–30. https://doi.org/10.52060/jpvs.v2i1.1656
Issue  :