Profile Pendidikan Vokasi SMK Seni di Era Society 4.0

Septiana Wahyuningsih ( Universitas Negeri Yogyakarta )
Akbar Bagaskara ( Universitas Negeri Yogyakarta )

Abstract

Pendidikan Vokasi pada SMK Seni di Indonesia harus bersinergi dengan arus revolusi industri 4.0 yang menampilkan lulusan yang bukan hanya terampil, namun mampu menghadapi tantangan revolusi industri dengan kompetensi lulusan yang mampu bekerja secara mandiri dalam dunia usaha dan dunia industri. Penulisan ini menggunakan metode studi literasi dari beberapa sumber tulisan yang relevan yang bisa dijadikan kajian.  Profil pendidikan vokasi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) seni pada era society 4.0 menampilkan pada peningkatan pembelajaran pada arus digitalisasi dan otomatasi sasi dan prospek kerja SMK seni pada revolusi industri 4.0.

References

Djamhari, E. A., Ningrum, D. R., Harja, I. T., Thaariq, R. M., Zunivar, A. Y., Ramdlaningrum, H., & Lauranti, M. (2018). Vokasi di Era Revolusi Industri (Kajian Ketenagakerjaan di Daerah). Perkumpulan PRAKARSA.

Jeon, Y. W., Jinkwan, K. I. M., Whayoung, C. H. O. I., & Seung-Il, N. A. (2017). Developing the competencies of vocational teachers in the age of 4th industrial revolution. 한국직업자격학회 학술대회, 93-93.

Restu, dkk., (2021). Metode Penelitian. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Wardina, U. V., Jalinus, N., & Asnur, L. (2019). Kurikulum pendidikan vokasi pada era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan, 20(1), 82-90.

Winangun, K. (2017). Pendidikan vokasi sebagai pondasi bangsa menghadapi globalisasi. Jurnal Taman Vokasi, 5(1), 72-78.


Keywords  :  
Keywords: Pendidikan Vokasi, Era Society 4.0, SMK Seni Pendidikan Vokasi, Era Society 4.0, SMK Seni
Galleys  :  
Published  :  
2023-10-06
How to Cite  :  
Wahyuningsih, S., & Bagaskara, A. (2023). Profile Pendidikan Vokasi SMK Seni di Era Society 4.0. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 2(1), 11–20. https://doi.org/10.52060/jpvs.v2i1.1385
Issue  :