PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN ALJABAR DALAM PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT UNTUK SISWA PKBM BUDI LUHUR

Triyani Triyani ( Universitas Jenderal Soedirman )
Niken Larasati ( Universitas Jenderal Soedirman )
Ari Wardayani ( Universitas Jenderal Soedirman )
Agustini Tripena ( Universitas Jenderal Soedirman )
Slamet Riyadi ( Universitas Jenderal Soedirman )

Abstrak

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan motivasi pembelajaran matematika khususnya materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa PKBM Budi Luhur Pekaja Banyumas. Kegiatan pembelajaran ini dilaksanakan secara luring di awal semester gasal tahun akademik 2022/2023 dengan melibatkan siswa kelas 7 (tujuh). Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah dan demonstrasi penggunaan alat peraga yang diberi nama ’papan aljabar’. Alat peraga papan aljabar merupakan alat peraga konkrit hasil pengembangan dari alat peraga semi konkrit yaitu garis bilangan yang digunakan untuk menjelaskan materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Evaluasi keberhasilan hasil kegiatan pembelajaran didasarkan dari nilai pre test dan post test yang diberikan kepada siswa sebelum dan sesudah menggunakan alat peraga papan aljabar. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa meningkat sebesar 64,7 % untuk materi penjumlahan bilangan bulat dan 39,1 % untuk materi pengurangan bilangan bulat.


Keywords  :  
Kata Kunci: Concrete Props, Algebra Board, Summation, Subtraction, Integers Alat Peraga Konkrit, Papan Aljabar, Penjumlahan, Pengurangan, Bilangan Bulat
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-10-21
Cara Mengutip  :  
Triyani, T., Larasati, N., Wardayani, A., Tripena, A., & Riyadi, S. (2022). PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN ALJABAR DALAM PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT UNTUK SISWA PKBM BUDI LUHUR. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(2), 141–146. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i2.967
Terbitan  :