PELATIHAN PENGGUNAAN ADMIN WEBSITE RUMAH DIGITAL GOMBENGSARI

Sony Panca Budiarto ( Sekolah Tinggi Ilmu Komputer PGRI Banyuwangi )

Abstrak

Website rumah digital gombengsari adalah sistem pariwisata berbasis teknologi yang terintegrasi dengan UMKM, penginapan dan biro perjalanan. Sistem ini hasil kolaborasi kegiatan matching fund kedaireka tim dosen dan mahasiswa STIKOM PGRI Banyuwangi dengan Pokdarwis Gombengsari selaku koordinator pelaku wisata, umkm, penginapan dan biro perjalanan di gombengsari. Keberadaan sistem ini dimaksukan untuk memberikan solusi atas permasalahan Pokdarwis Gombengsari yang mengalami kesulitan dalam memperkenalkan potensi wisata, UMKM, penginapan dan biro perjalanan yang ada di gombengsari ke wisatawan lokal maupun internasional. Setelah sistem selesai dibuat permasalahan lain muncul yaitu pengetahuan SDM terkait penggunaan teknologi dan informasi digital masih kurang. Website rumah digital gombengsari yang sudah dibuat tidak pernah di update isinya. Untuk mengatasi hal tesebut, kami sebagai pengembang sistem akan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya kepada pokdarwis gombengsari terkait cara penggunaan dan pengoprasian admin website rumah digital gombengsari. Teknis pelaksanaan pengabdian dikhususkan dengan melakukan sosialisasi, pelatihan dan praktikum kepada calon admin web rumah digital gombengsari. Dalam pelaksanaan pelatihan dan praktik calon admin web rumah digital gombengsari dibekali dengan buku petunjuk penggunaan website rumah digital gombengsari. Hasil yang didapat selama kegiatan pengabdian pelatihan admin web rumah digital gombengsari adalah pokdarwis gombengsari sudah mempunyai operator khusus yang menangani dan mengelola website rumah digital gombengsari.


Keywords  :  
Kata Kunci: Training, digital home web, gombengsari, admin, pokdarwis Pelatihan, web rumah digital, gombengsari, admin, pokdarwis
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-10-12
Cara Mengutip  :  
Budiarto, S. P. (2022). PELATIHAN PENGGUNAAN ADMIN WEBSITE RUMAH DIGITAL GOMBENGSARI. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(2), 119–124. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i2.943
Terbitan  :