UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DI KELAS VIII SMP

Emiyanti Emiyanti ( SMP Negeri 2 Muara Bungo )
Hotnida Sinaga ( SMP Negeri 2 Muara Bungo )
Zuhriani Fitriah ( SMP Negeri 2 Muara Bungo )

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) di Kelas VIII A Negeri 2 Muara Bungo. Subjek penelitian adalah kelas VIII A Negeri 2 Muara Bungo yang berjumlah 35 siswa. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) di kelas VIII A Negeri 2 Muara Bungo T.A 2019 / 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Bentuk soal untuk setiap tes adalah uraian. Prosedur yang pertama pada penelitian ini adalah memberi tes kemampuan awal kepada kelas yang diteliti, guna untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematika awal siswa. Kedua mengadakan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dengan materi kubus dan balok. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal dan kesulitan awal siswa. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata – rata kelas VIII A adalah 48,57. Setelah pemberian tindakan melalui model pembelajaran Numbered Head Together pada siklus I, nilai rata – rata tes kemampuan pemecahan masalah I adalah 71,78 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal sebanyak 26 orang (74,27%). Sedangkan setelah dilakukan perbaikan dari siklus I pada siklus II, nilai rata – rata tes kemampuan pemecahan masalah II adalah 83,21 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal sebanyak 31 orang (88,55%).

Referensi

Abdurrahman, Mulyono., (2012), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Husna., M. Ikhsan., dan Siti Fatimah., (2013), Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS), Jurnal Peluang, Volume 1. Nomor 2 : 2302-5158

Istarani, (2012), 58 Model Pembelajaran Inovatif, Penerbit Meid Persada, Medan.

Slameto, (2013), Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Trianto, (2010), Model Pembelajaran Inovatif-Progresif”Konsep Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Penerbit Kencana, Jakarta.


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-10-01
Cara Mengutip  :  
Emiyanti, E., Sinaga, H., & Fitriah, Z. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DI KELAS VIII SMP. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(2), 65–69. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i2.883
Terbitan  :