WORKSHOP PENDAMPINGAN GURU MENGHADAPI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ANAK INKLUSI) DI SEKOLAH FORMAL

Sundahry Sundahry ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Dhini Mufti ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Reni Guswita ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Ratih Juwita Novalia ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Workshop Pendampingan Guru dalam Menghadapi Anak Berkebutuhan Khusus (Anak Inklusif) di Sekolah Formal di UPT SDN 03 Simpang beralamat di Jl. Ampang Pulai, Kec. Kanal Koto XI, Kab. Prov. Sumbar bertujuan untuk mendalami pendidikan inklusif, ABK, dan pengisian penilaian ABK. Workshop ini menyajikan materi: konsep pendidikan inklusi, jenis-jenis anak berkebutuhan khusus, dan penilaian anak berkebutuhan khusus. Metode pelaksanaan PKM yang dilakukan dalam kegiatan ini berupa pemberian teori dasar mengenai konsep pendidikan inklusif, ABK, dan penilaian ABK. Peserta diminta mengerjakan latihan untuk memahami pengisian penilaian ABK yang telah dijelaskan sebelumnya. Setelah demonstrasi selesai, diadakan sesi tanya jawab untuk memperkaya materi sosialisasi yang disampaikan. Program pelatihan telah dilakukan selama dua hari. Kegiatan ini dimulai dengan survei, persiapan, pelaksanaan, dan pembuatan laporan. Sasaran keluarannya adalah: peserta (guru SD) mampu menghadapi ABK dan mengisi penilaian ABK


Keywords  :  
Kata Kunci: Teacher Assistance, Children with Special Needs, Formal Schools Pendampingan Guru, Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Formal
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-10-01
Cara Mengutip  :  
Sundahry, S., Mufti, D., Guswita, R., & Novalia, R. J. (2022). WORKSHOP PENDAMPINGAN GURU MENGHADAPI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ANAK INKLUSI) DI SEKOLAH FORMAL. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(2), 103–107. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i2.862
Terbitan  :