Pendampingan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah Di Kampung Kadumula

Dini Delini ( STKIP Syekh Manshur )
Ira Asyura ( STKIP Syekh Manshur  --  https://orcid.org/0000-0002-0454-5097 )
Linda Linda ( STKIP Syekh Manshur  --  https://orcid.org/0000-0002-9846-3497 )
Usep Saepul Mustakim ( STKIP Syekh Manshur )
Devaron Suardi ( STKIP Syekh Manshur )

Abstrak

Pendampingan belajar saat pandemi covid-19 ini merupakan pengabdian kepada masyarakat, sebagai salah satu upaya pelaksanaan tridarma perguruan tinggi. Pelaksanaan pembelajaran yang di laksanakan oleh sekolah saat pandemi covid-19 ini menggunakan metode daring atau online melalui grup whatApp, google meet dan zoom. Namun kebanyakan siswa mengeluh tidak paham saat pembelajaran berlangsung. Apalagi pada mata pelajaran matematika. Dimana dalam kurun waktu yang cukup lama, bagi sebagian siswa di sekolah beranggapan bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit. Mata pelajaran ini menjadi momok menakutkan bagi siswa dikebanyakan sekolah. Tidak hanya di kampung kadumula saja, akan tetapi di berbagai daerah di seluruh indonesia. Untuk itu berbagai upaya perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan kesulitan belajar tersebut. Maka dari itu penulis mengadakan kegiatan pendampingan pemahaman konsep matematika bagi siswa sekolah menengah. Metode pendampingan belajar yang digunakan adalah dengan memberikan pendampingan belajar secara luring, yakni mahasiswa dan siswa melakukan proses belajar dan mengajar secara langsung dan tatap muka. Pendampingan belajar ini dilakukan dalam kelompok kecil yang terdiri dari 3-6 orang. Pendampingan belajar berlokasi di rumah salah satu siswa. Tahapan pelaksanaan pendampingan adalah 1) observasi masalah, 2) perencanaan kegiatan, 3) penyusunan jadwal kegiatan 4) pelaksanaan pendampingan, 5) tahap evaluasi.


Keywords  :  
Kata Kunci: Learning Asisstance, Understanding, Mathematics Concepst Pendampingan Belajar, Pemahaman, Konsep Matematika
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-10-01
Cara Mengutip  :  
Delini, D., Asyura, I., Linda, L., Mustakim, U. S., & Suardi, D. (2022). Pendampingan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah Di Kampung Kadumula. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(2), 82–86. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i2.861
Terbitan  :