PERAN MAHASISWA KKM SEBAGAI AGEN PEMBELAJARAN DALAM PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Siti Musayaroh ( Universitas Sultan Ageng Tirtayasa )

Abstrak

Sebagai insan terdidik dan terpelajar, mahasiswa sudah sepatutnya berdampak ke masyarakat sekitarnya. Kuliah Kerja Mahasiswa atau KKM merupakan salah satu matakuliah wajib diambil oleh mahasiswa tingkat ketiga akhir dan matakuliah yang memberikan mahasiswa kesempatan untuk berdampak ke masyarakat. Seringnya program KKM menyasar bidang pendidikan melalui program bimbingan belajar untuk siswa sekolah dasar. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui peran mahasiswa KKM Tematik Untirta Kelompok 17 sebagai agen pembelajaran dalam program bimbingan belajar untuk siswa sekolah dasar. Sebanyak 10 siswa sekolah dasar yang mengikuti program tersebut telah mengisi kuesioner dengan 14 butir pertanyaan yang mencakup empat peran agen pembelajaran yaitu sebagai fasilitator, motivator, pemacu dan pemberi inspirasi. Data kemudian dioleh menggunakan SPSS. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa mampu berperan sebagai fasilitator dan pemberi inspirasi dengan baik. Sebaliknya, mahasiswa perlu meningkatkan peran mereka sebagai motivator saat  menjadi agen pembelajaran dalam program bimbingan belajar. Keberhasilan mahasiswa menjadi agen pembelajaran dapat membuat siswa merasa senang dan nyaman ketika mengikuti pembelajaran.

Referensi

Arfandi, A., & Samsudin, M. A. (2021). Peran Guru Profesional Sebagai Fasilitator Dan Komunikator Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 5(2), 37–45. https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i2.1200

Arianti. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Hariyadi, S. (2014). Bertanya, Pemicu Kreativitas dalam Interaksi Belajar. Jurnal Biology Science & Education 2014, 3(2), 143–158.

Ismail, M. I. (2010). Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(1), 44–63. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4

Kalsum, U., Chastanti, I., & Harahap, D. A. (2021). Analisis Keterampilan Bertanya Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 433–441. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1921

Magdalena, M. (2018). Melatih Kepercayaan Diri Siswa dalam Menyatakan Tanggapan dan Saran Sederhana melalui Penguatan Pujian pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 1(2), 237–245. https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i2.282

Maisyarah, & Matulessy, A. (2015). Dukungan Sosial, Kecerdasan Emos dan Resiliensi Guru Sekolah Luar Biasa. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 4(03), 225–232. http://psikologi.untag-sby.ac.id/index.php/foto-kegiatan/164-menu/menu-utama/informasi/fenomena/vol-vi-no-1-pebruari-2011/426-aratikel-3-61

Manizar, E. (2015). Peran Guru sebagai Motivator dalam Belajar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 171–188. jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1047

Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. PT Remaja Rosdakarya.

Octavianingrum, D. (2020). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Dalam Kegiatan Magang Kependidikan Bagi Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol 7(No 2), 115-124 hlm. http://ejournal.uika-bogor.ac.id./index.php/index

Saputra, H. (2013). Studi Tentang Kemampuan Berkomunikasi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Kegiatan Belajar Mengajar di SDN 017 Kota Samarinda. EJournal Lmu Komunikasi, 1(1), 290–300.

Somantri, D. (2021). Abad 21 Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JEquilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(2), 188–195. https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium%0AABAD

Syahroni, I. (2021). Dampak Penghargaan Dalam Pembelajaran Ips Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1), 37–44. https://doi.org/10.21009/pip.351.4


Keywords  :  
Kata Kunci: KKM, Agen, Bimbingan Belajar
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-10-01
Cara Mengutip  :  
Musayaroh, S. (2022). PERAN MAHASISWA KKM SEBAGAI AGEN PEMBELAJARAN DALAM PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(2), 77–81. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i2.853
Terbitan  :