EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Thessa Herdyana ( Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara )

Abstract

Penting untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran tematik seperti komik dalam membantu hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan quasi experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV Sekolah Dasar 020871 Binjai. Teknik untuk menentukan sampel adalah custer sampling yakni kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas control. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis menggunakan uji-t. Uji efektivitas berdasarkan nilai gainc score pada kelas eksperimen diperoleh nilai 0,6255 dengan kategori sedang. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata Gain Score sebesar 0,2257 pada kategori rendah. Nilai pretest siswa pada kelas eksperimen sebelum menggunakan komik tematik rata-rata 61,50. Sedangkan nilai postes siswa setelah menggunakan komik tematik rata-rata 87,00. Nilai pretest siswa pada kelas kontrol 65,00 sedangkan nilai posttest kelas kontrol 74,50. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua data postest hasil belajar siswa mempunyai nilai thitung (=0,000) sehingga terdapat perbedaan karena sig (2-tailed) < 0,05 dan thitung bernilai positif sehingga H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan komik sangat efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar.


Keywords  :  
Keywords: Media, Komik, Hasil Belajar Media, Comics, Learning Outcomes
Galleys  :  
Published  :  
2022-10-01
How to Cite  :  
Herdyana, T. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(2), 20–24. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i2.832
Issue  :