PENGARUH MEDIA POWER POINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA SD
Abstrak
Berdasarkan observasi di lapangan masih banyak sekolah yang hasil belajarnya rendah. Media Power Point interaktif merupakan media pembelajaran yang didesain dengan menggunakan hyperlink power point yang dapat menghasilkan sajian media interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh media Power Point interaktif terhadap hasil belajar tematik siswa SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif. Subyek pada penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN 1 Jenangan yang berjumlah 20 siswa tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian expost facto. Pengumpulan data dilakukan dengan quesioner dan dokumen hasil belajar tematik siswa. Sebelum digunakan penelitian dilakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap instrument penelitian. Uji prasyarat yang digunakan meliputi uji validitas dan linieritas. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, dan regresi sederhana untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Berdasarkan hasil penggunaan media power point interaktif dalam pembelajaran menunjukkan garis regresi sederhana yang dinyatakan dalam bentuk persamaan Y=5,345+0,936X dengan koefisien korelasi R=0,623. Adanya persamaan tersebut menunjukkan bahwa apabila penggunaan media pembelajaran power point interaktif (x) mengalami peningkatan sebanyak satu satuan maka hasil belajar tematik siswa (y) mengalami peningkatan sebanyak 0,936 satuan. Berdasarkan analisis regresi sederhana didapatkan nilai t-hitung sebesar 9,014. Sedangkan t-tabel sebesar 1,642 dengan taraf signifikansi 5%. Nilai t-hitung lebih besar dari pada nilai t-tabel, sehingga penggunaan media pembelajaran power point interaktif memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar tematik siswa SD
Referensi
Arhas, S. H., & Salam, R. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran dan Pengelolaan Kelas terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone. 5(2), 10.
Astutik, L. S., Suwandayani, B. I., & Agustin, U. L. (2020). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Aksara Jawa di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(1). https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.12413
Eismann, K., Posegga, O., & Fischbach, K. (2021). Opening organizational learning in crisis management: On the affordances of social media. The Journal of Strategic Information Systems, 30(4), 101692. https://doi.org/10.1016/j.jsis.2021.101692
Hsu, L. (2021). A tale of two classes: Tourism students’ cognitive loads and learning outcomes in face-to-face and online classes. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 29, 100342. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2021.100342
Li, J., Li, Y., & Yu, T. (2021). Distributed deep reinforcement learning-based multi-objective integrated heat management method for water-cooling proton exchange membrane fuel cell. Case Studies in Thermal Engineering, 27, 101284. https://doi.org/10.1016/j.csite.2021.101284
Marinus, W., Descheemaeker, K. K. E., van de Ven, G. W. J., Waswa, W., Mukalama, J., Vanlauwe, B., & Giller, K. E. (2021). “That is my farm” – An integrated co-learning approach for whole-farm sustainable intensification in smallholder farming. Agricultural Systems, 188, 103041. https://doi.org/10.1016/j.agsy.2020.103041
Møller-Skau, M., & Lindstøl, F. (2022). Arts-based teaching and learning in teacher education: “Crystallising” student teachers’ learning outcomes through a systematic literature review. Teaching and Teacher Education, 109, 103545. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103545
Pramestika, L. A. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 110–114. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.610
Radityan, F. T., Kuntadi, I., & Komaro, M. (2016). PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI PERBAIKAN DIFFERENTIAL. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 239. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3807
Rahardi, F., & Dartanto, T. (2021). Growth mindset, delayed gratification, and learning outcome: Evidence from a field survey of least-advantaged private schools in Depok-Indonesia. Heliyon, 7(4), e06681. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06681
Reedy, A. K., Guerrero Farías, M. L., Reyes, L. H., & Pradilla, D. (2020). Improving employability skills through non-placement work-integrated learning in chemical and food engineering: A case study. Education for Chemical Engineers, 33, 91–101. https://doi.org/10.1016/j.ece.2020.09.002
Sholihin, M., Sari, R. C., Yuniarti, N., & Ilyana, S. (2020). A new way of teaching business ethics: The evaluation of virtual reality-based learning media. The International Journal of Management Education, 18(3), 100428. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100428
Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN EKONOMI. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN, 2(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3295
Wardani, R. S., & Kumalasari, R. N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Contextual Teaching Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(1). https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.7970
Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019b). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 82–92. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p82-92
Wei, X., Saab, N., & Admiraal, W. (2021). Assessment of cognitive, behavioral, and affective learning outcomes in massive open online courses: A systematic literature review. Computers & Education, 163, 104097. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104097
Yayuk, E., Restian, A., & Ramadhani, N. F. (n.d.). Penggunaan Adobe Flash Cs3 untuk Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Animated Video Pada Materi Tematik Kelas I SD. 14.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Interactive Power Point, Learning Outcomes, Thematic Learning Power Point Interaktif, Hasil Belajar, Tematik
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2022-10-01
|
Cara Mengutip | : |
Rohmanurmeta, F. M. (2022). PENGARUH MEDIA POWER POINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA SD. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(2), 39–46. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i2.825
|
Terbitan | : |