PROGRAM “SITOGA” (SING, STORY, AND GAMES): PELATIHAN BAHASA INGGRIS BAGI GURU TK DESA SENAUNG KABUPATEN MUARO JAMBI

Yahfenel Evi Fussalam ( Universitas Muhammadiyah Jambi )
Sylvia Wenny J ( Universitas Muhammadiyah Jambi )
Prima Audia Daniel ( Universitas Muhammadiyah Jambi )

Abstrak

Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah upaya untuk membantu guru-guru TK Jauharul Iman Desa Senaung Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi untuk menemukan, membuat dan mengaplikasikan materi pembelajaran bahasa Inggris sesuai dengan usia anak-anak. Untuk mencapai tujuan tersebut kegiatan PKM yang dilaksanakan adalah SITOGA (Sing, Story and Games) bagi guru-guru TK. Kegiatan ini berlangsung selama bulan yaitu April sd Mei 2022, dimana bulan pertama difokuskan pada pendalaman materi tentang prinsip-prinsip pengajaran bahasa usia dini (Teaching English For Young Learner), pengenalan sumber-sumber belajar, dan metode serta teknik pembelajaran. Bulan selanjutnya kedua menjadi kesempatan bagi peserta (guru TK) dalam pembuatan sumber belajar dan penerapan atau praktek pembelajaran. Hasil kegiatan PKM diantaranya peserta mampu memahami teori-teori pengajaran bahasa Inggris di TK, guru mampu mengenal beberapa lagu berbahasa Inggris, mengkombinasikan lagu dan gerak dalam bahasa Inggris, membuat media sederhana pengajaran bahasa Inggris, merancang kegiatan pembelajaran dengan aktifitas yang menyenangkan, dan mengenal serta mempraktikan beberapa jenis permainan

Referensi

Claire Hewlett, Hellen Ward, Judith Roden & Julie Foreman. 2008. Teaching Science in the Primary Classroom: A Practical Guide (Paperback). Paul Chapman Publishing A SAGE Publications.

Deswita. 2019. Problematika Guru PAUD Studi Kasus Di Taman Kanak-kanak Rizani Putra Mendalo Indah Kabupaten Muaro Jambi. Unpublished Thesis: UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi http://repository.uinjambi.ac.id/1471/

Erdiyanti & Syukri, S. 2021. Peningkatan Kompetensi Guru PAUD Non Pg-PAUD Melalui Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran di Kecamatan Konda. MURHUM : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (1) 68-79 https://doi.org/10.37985/murhum.v2i1.34

Herdyastika, M & Kuriawan, M. 2021. Analisis Perbandingan Implementasi Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Inovatif di Taman Kanak-Kanak, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (2), 1585-1593, https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.

Harmer, Jeremy. 2001. The Practice of English Language Teaching with DVD (4th Edition). London: Longman Handbooks for Language Teachers.

Nurjannah. 2017. Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan. HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 14 (1), 50-61 https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-05.

Widiyanti, I. A. 2021. Pengakuan Hasil Belajar Lampau Tenaga Pendidik Pada Satuan Pendidikan Nonformal di Kota Bandung. Unpublished Thesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia http://repository.upi.edu/id/eprint/67529.


Keywords  :  
Kata Kunci: Training, Sing, Story, Games, TK Pelatihan, Lagu, Cerita, Permainan, TK
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-10-01
Cara Mengutip  :  
Fussalam, Y. E., Wenny J, S., & Daniel, P. A. (2022). PROGRAM “SITOGA” (SING, STORY, AND GAMES): PELATIHAN BAHASA INGGRIS BAGI GURU TK DESA SENAUNG KABUPATEN MUARO JAMBI. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(2), 7–15. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i2.822
Terbitan  :