SOSIALISASI PERATURAN TURNAMEN FUTSAL STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO

Titis Wulandari ( STKIP MB )
Dedy Rahmat Saputra ( stkip muhamamdiyah muara bungo )
Jhony Hendra ( stkip muhamamdiyah muara bungo )

Abstrak

Olahraga Pendidikan dilaksanakan dengan tujuan untuk pendidikan melalui semua aktivitas gerak yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan sasaran dari pendidikan itu sendiri. Olahraga pendidikan identik dengan aktivitas pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang dilaksanakan di setiap jenjang pendidikan atau yang lebih dikenal dengan istilah penjasorkes. Pengabdian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui penilaian pelatih dan pengawas pertandingan terhadap kepemimpinan wasit di pertandingan playoff futsal. Kegiatan Pertandingan Turnamen Futsal STKIP Muhammadiyah Muara Bungo ini dilaksanakan pada tanggal 31 januari 2021 bertempat di Dimas Futsal, Muara Bungo. Hasil lapangan didapatkan akibat adanya faktor yang mempengaruhi dalam keberhasilan seoarang wasit adalah faktor internal dan eksternal. Yang lebih dominan mempenagruhi adalah factor internal, faktor psikologis berupa kecemasan. Untuk dapat memimpin pertandingan dengan baik wasit perlu menguasai factor psikologis tersebut. Cara mengelola faktor psikologis tersebut dapat dengan melatih emosi wasit agar tetap terkontrol. Memahami pola dalam penguasaan faktor psikologis dan selalu berlatih mengelola kecemasan.

Referensi

Abdullah, S.N. 2006. Board structure and ownership in Malaysia: the case of distressed listed companies. Corporate Governance: The International Journal of Business in Society, Vol. 6 Issue: 5, h.582-594.

AKHMAD ADIEN HEVARIANTO, A. B. (2013). ( Pada Pertadingan Playoff Kompetisi Internal Persida ). 1–4.

Krustrup, P., Helsen, W., Randers, M. B., Christensen, J. F., Macdonald, C., Rebelo, A. N., & Bangsbo, J. (2009). Activity profile and physical demands of football referees and assistant referees in international games. Journal of Sports Sciences, 27(11), 1167–1176. Https://doi.org/10.1080/02640410903220310

Kuswoyo, D. D., Pramono, H., & Rifai, A. R. (2017). Kontribusi percaya diri, konsentrasi dan motivasi terhadap kinerja wasit persatuan sepak bola seluruh Indonesia Provinsi Sumatera Selatan. Journal of Physicak Education and Sports, 6(3), 241–247. Http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes

Lauh, W. D. A. (2016). Dimensi olahraga pendidikan dalam pelaksanaan penjasorkes di sekolah. Ikippgriptk, 88, 83–93. Http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes

PSSI. (2018). Statuta pssi. 1–68.

Septian, A., & Cipatujah, S. (2020). MENGASAH KETERAMPILAN WASIT BOLA VOLI SAAT COVID-19 MENGASAH KETERAMPILAN WASIT BOLA VOLI SAAT COVID-19 Makalah Ini Dibuat untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Matakuliah Desain Kurikulum Penjas Dr . Akhmad Sobarna ., M . Pd . June.

UU No 3 Tahun 2005. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional Dengan. Presiden RI, 1, 1–53.


Keywords  :  
Kata Kunci: Futsal, Tournament Rules, Referee Futsal, Peraturan Turnamen, Wasit
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-03-31
Cara Mengutip  :  
Wulandari, T., Saputra, D. R., & Hendra, J. (2022). SOSIALISASI PERATURAN TURNAMEN FUTSAL STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 87–92. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.752
Terbitan  :