PELATIHAN SOFTWARE NVIVO UNTUK MENUNJANG PENELITIAN KUALITATIF BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Abstrak
Terdapat dua pendekatan penelitian yaitu kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif banyak dipilih pada penelitian sosial karena mudah untuk mendapatkan data, sedangkan penelitian kualitatif jarang dipergunakan karena belum banyak peneliti yang memahami keunggulannya. Penggunaan software kualitatif tidak familiar bagi peneliti karena terdapat beberapa alasan yang melatarbelakangi, sehingga diperlukan adanya pelatihan dalam mempergunakan software penelitian kualitatif salah satunya adalah Nvivo. Pelatihan software Nvivo dilakukan dan ditujukan pada mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pelatihan dilakukan secara daring dengan memberikan penjelasan terkait dengan dasar-dasar pendekatan kualitatif beserta keabsahan data dan pengolahan data dengan menggunakan software. Peserta diberikan langkah-langkah interpretasi data dengan mempergunakan software Nvivo. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa Mahasiswa memiliki ketertarikan dan kemampuan dalam mempergunakan software kualitatif yang dapat dipergunakan untuk menunjang kegiatan penelitian untuk menyelesaikan tugas akhir. Keberhasilan pelatihan diukur dari feedback yang diperoleh setelah melakukan pelatihan penguatan penelitian kualitatif dengan mempergunakan software Nvivo. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa mahasiswa puas dan memiliki peningkatan keterampilan yang sesuai dengan tujuan pelatihan.
Referensi
AlYahmady, Hamed Hilal, and Saleh Said Al Abri. 2013. “Using Nvivo for Data Analysis in Qualitative Research.” International Interdisciplinary Journal of Education 2(2). doi: 10.12816/0002914.
Anderson, Claire. 2010. “Presenting and Evaluating Qualitative Research.” American Journal of Pharmaceutical Education 74(8). doi: 10.5688/aj7408141.
Aspers, Patrik, and Ugo Corte. 2019. “What Is Qualitative in Qualitative Research.” Qualitative Sociology 42(2). doi: 10.1007/s11133-019-9413-7.
Edwards-Jones, Andrew. 2014. “Qualitative Data Analysis with NVIVO.” Journal of Education for Teaching 40(2). doi: 10.1080/02607476.2013.866724.
Feng, Xiaoying, and Linda Behar-Horenstein. 2019. “Maximizing NVivo Utilities to Analyze Open-Ended Responses.” Qualitative Report 24(3). doi: 10.46743/2160-3715/2019.3692.
Hayashi, Paulo, Gustavo Abib, and Norberto Hoppen. 2019. “Validity in Qualitative Research: A Processual Approach.” Qualitative Report 24(1). doi: 10.46743/2160-3715/2019.3443.
van Manen, Max. 2016. Phenomenology of Practice.
Van Manen, Max. 2017. “But Is It Phenomenology?” Qualitative Health Research.
Otani, Takashi. 2017. “What Is Qualitative Research?” Yakugaku Zasshi 137(6).
Ozkan, Betul. 2015. “Using NVivo to Analyze Qualitative Classroom Data on Constructivist Learning Environments.” The Qualitative Report. doi: 10.46743/2160-3715/2004.1905.
Percy, William H., Kim Kostere, and Sandra Kostere. 2015. “Generic Qualitative Research in Psychology.” Qualitative Report 20(2). doi: 10.46743/2160-3715/2015.2097.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Research Method, Qualitative Research, Nvivo Metode Penelitian, Penelitian Kualitatif, Nvivo
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2022-03-02
|
Cara Mengutip | : |
Yulianto, A., & Wijaya, A. P. (2022). PELATIHAN SOFTWARE NVIVO UNTUK MENUNJANG PENELITIAN KUALITATIF BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 25–30. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.732
|
Terbitan | : |