PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TTW (THINK-TALK-WRITE) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA MENULIS TEKS DESKRIPTIF
Abstrak
Pencapaian kompetensi siswa merupakan tujuan dalam sebuah pembelajaran, tapi hal itu tak semudah seperti yang dibayangkan karena banyak siswa yang mengalami learning loss. Hal ini terjadi di SMP Negeri 2 Muara Bungo dalam menulis teks deskriptif sederhana. Penelitian ini dilakukan untuk memaparkan penerapan model pembelajaran TTW (Think-Talk-Write) untuk meningkatkan kompetensi yang dimaksud. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dimana siswa kelas VIIA yang berjumlah 32 orang berperan sebagai subjeknya. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus memiliki empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran TTW (Think-Talk-Write) mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Hal ini ditunjukkan dari hasil test terjadi peningkatan 15.7 % pada aspek mengembangkan ide tulisan (isi) dari siklus 1 ke siklus 2, meningkat 6.3% pada aspek mengembangkan kosakata dari siklus 1 ke siklus 2, meningkat 9.3% pada aspek menggunakan tata bahasa dalam teks deskriptif dan meningkat pada aspek menghubungkan antar kalimat (koherensi) dari siklus 1 ke siklus 2. (2) Penerapan model pembelajaran TTW (Think-Talk-Write) mampu meningkatkan semangat siswa dalam belajar Bahasa Inggris.
Referensi
Hafrizon. (2011). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Teks Recount Dengan Penerapan Model Pembelajaran TTW (Think-Talk-Write) SMPN 14 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2011/2012.
Hastutik, W. (2021). Pemanfaatan Media Belajar Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Teks Berbentuk Greeting Card. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 2(1), 48-55. https://doi.org/10.52060/jpm.v2i1.502
Iskandarwassid & Dadang Sunendar. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya
Keputusan Bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. NOMOR 05/KB/2021., NOMOR 1347 TAHUN 2O21., NOMOR HK.0 1.08/MENKES/667/2O21., NOMOR 443-5847 TAHUN 2021. Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-I9)
Mulyati, dkk. (2008). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Sardiman A.M. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Keywords | : |
Kata Kunci:
writing, descriptive text, TTW model menulis, teks deskriptif, Model TTW
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2022-03-10
|
Cara Mengutip | : |
Hastutik, W. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TTW (THINK-TALK-WRITE) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA MENULIS TEKS DESKRIPTIF. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 62–68. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.724
|
Terbitan | : |